5 Manfaat Puasa Bagi Kesehatan

tips kesehatan

tips kesehatanSiapa sih yang tidak ingin memiliki tubuh yang sehat? Setiap orang pastinya ingin memiliki tubuh yang sehat karena dengan sehat ini nanti, segala aktivitas apapun yang dikerjakannya bisa menjadi sangat lancar. Tubuh sehat bisa kita dapatkan saat kita memang dengan teratur mengonsumsi berbagai makanan sehat dan juga bergizi yang dimana makanan inilah yang membantu tubuh kita untuk lancar dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Namun bagaimana kalau sedang berpuasa seperti ini? Dimana tubuh kita tidak boleh mengonsumsi makanan dan minuman selama kurang lebih hampir 13 jam. Nyatanya, puasa itu bukan malah membuat kesehatan kita menurun, melainkan sebaiknya bisa membuat kesehatan tubuh kita semakin meningkat. Ingin tahu manfaat puasa bagi kesehatan tubuh?

Manfaat puasa bagi kesehatan tubuh kita yang pertama adalah, puasa nyatanya mampu untuk menjaga kesehatan jantung. Menurut sebuah situs kesehatan yang bernama meetdoctor.com, puasa merupakan salah satu aktivitas non medis atau non obat yang dimana kegiatan ini mampu mengurangi tekanan darah dalam tubuh kita dan bisa mencegah resiko asteroskoloris atau yang biasa disebut penyempitan pembuluh darah. Selain itu puasa nyatanya juga mampu meningkatkan metabolisme yang ada di dalam tubuh kita sehingga tubuh kita akan tetap sehat dan bugar. Kedua, puasa juga mampu meningkatkan kemampuan otak kita. Nah ini sangat recommended sekali bagi Anda yang mungkin agak pelupa orangnya.

Dengan puasa, disadari atau tidak, menurut pakar kesehatan tubuh kita memproduksi sebuah hormon yang bernama hormon neutropik dimana ini mampu memproduksi sel-sel otak sehingga bisa meningkatkan kinerja otak Anda. Ketiga, dengan berpuasa sistem imun tubuh kita juga bisa meningkat. Dengan meningkatnya sistem imun tubuh kita setidaknya kita akan selalu terjaga kesehatannya. Karena dengan berpuasa inilah yang mampu meningkatkan produksi limfosit hingga 10 kali lipat dan ini sangat bagus untuk kekebalan tubuh Anda dan bisa menjaga Anda dari serangan virus dan bakteri jahat. Keempat, puasa juga mampu mengeluarkan racun yang terdapat dalam tubuh kita. Pengeluaran racun atau yang biasa disebut sebagai detoksifikasi ini bisa terjadi dengan sendirinya saat tubuh kita dipakai untuk melakukan ibadah puasa. Serta yang terakhir, yang kelima adalah puasa faktanya mampu mengurangi kadar gula darah sehingga nantinya diri kita akan terhindar dari yang namanya penyakit diabetes. Dengan berpuasa sebenarnya tubuh kita mampu memecah glukosa yang ada di dalam tubuh sehingga tubuh kita akan terasa lebih sehat. Maka dari itu di saat bulan Ramadhan tiba, setidaknya kita harus sangat bersemangat dalam puasa. Karena bagaimana pun puasa sangat bagus untuk kesehatan.

Related posts: