Budidaya Ikan Nila Untuk Lahan Sempit

tips kesehatan

tips kesehatanMemaksimalkan sebuah kesempatan untuk membuka sebuah usaha memang penting. Ketika berbicara mengenai budidaya ikan nila adalah salah satu yang bisa dicoba. Dengan memanfaatkan lahan rumah yang tidak terlalu besar, tentu saja sangatlah bisa. Karena dengan cara budidaya yang tepat untuk ikan nila ini hanya membutuhkan lahan yang tidak besar. Anda pun bisa memanfaatkan lahan di rumah Anda yang bisa dimanfaatkan. Sebagai salah satu peluang usaha yang sangat menguntungkan ini bisa menjadi solusi atas keterbatasan lahan yang dimiliki. Karena, membuat lahan ternak dengan media yang sangat minimum itu bukanlah hal yang mustahil.

Permintaan Ikan Nila Yang Semakin Tinggi Di Pasaran

Memanfaatkan lahan di sekitar rumah sebagai kolam untuk budidaya ikan nila bisa memberikan banyak keuntungan. Selain ikan nila sebagai salah satu pemenuh kebutuhan gizi bagi masyarakat tentu saja banyak olahan makanan yang menggunakan ikan nila sebagai bahan dasarnya. Sebenarnya untuk melakukan budidaya ikan nila ini lahan bukanlah menjadi masalah utama. Yang paling penting, bagaimana kolam yang akan dijadikan tempat budidaya mudah dalam memperoleh air. Membangun kolam untuk budidaya ikan nila juga terbilang sangatlah mudah. Dengan memanfaatkan terpal sebagai kolam, maka Anda bisa secara bebas menentukan dimana lokasi yang paling ideal. Keuntungan menggunakan kolam terpal ini tentu saja lebih bersifat portable dan praktis. Apalagi kolam yang menggunakan terpal tidak perlu khawatir apabila air terlalu menyusut.

Untuk bisa mendapatkan kolam terpal untuk budidaya ikan nila tentunya Anda juga harus mengetahui bagaimana cara yang tepat untuk membuatnya. Sebenarnya sangatlah mudah untuk membuat kolam dengan terpal ini, yang paling penting kedalaman lebih dari 50 cm. Apabila akan diisi air sebaiknya periksalah terlebih dahulu kadar kebocorannya. Untuk bibitnya sendiri banyak tersedia di penjual benih ikan. Yang paling penting, pilihlah benih yang sehat dan selalu bergerak aktif. Biasanya ikan nila siap dipanen sekitar setengah tahun sebelum dikatakan layak untuk dikonsumsi. Karena permintaan untuk ikan ini tinggi, maka budidaya ikan nila adalah cara yang tepat terutama bagi Anda yang memiliki ruang terbatas.

Related posts: