Cara Alami Menyembuhkan Sariawan

tips kesehatan

tips kesehatan

Sariawan adalah gangguan yang terjadi pada mulut sehingga menyebabkan sakit pada bagian yang sariawan. Timbulnya sariawan sering kali meresahkan karena sakitnya luar biasa apalagi jika makan menjadi terganggu. Sariawan bisa terjadi pada berbagai usia dari anak-anak sampai orang dewasa. Munculnya sariawan biasanya adalah pada gusi, bibir, lidah dan area mulut lainnya. Jika sudah terkena sariawan maka akan mengurangi kenikmatan pada saat makan. Meskipun sariawan bukanlah jenis penyakit yang serius namun rasa sakitnya yang membuat penderitanya merasa tidak nyaman. Sariawan juga dapat berlangsung selama seminggu dan jika lebih Anda harus periksa ke dokter. Menyembuhkan sariawan juga bisa dilakukan dengan cara-cara alami seperti berikut.

Tips Mengatasi Sariawan Secara Alami

Anda tidak perlu panik ketika mengalami sariawan yang sangat menyakitkan sebab ada cara alami dan aman untuk menyembuhkannya. Tipsnya adalah dengan penuhi cairan dalam tubuh sehingga sariawan akan segera sembuh. Terkadang kekurangan cairan atau dehidrasi dapat memicu sariawan sehingga Anda perlu mencukupi kebutuhan cairan dalam tubuh dalam sehari-hari. Tips kedua ialah mengonsumsi buah-buahan yang mengandung vitamin C dan B12. Buah-buahan sangat bagus untuk menyembuhkan sariawan pada mulut Anda. Selain itu, buah-buahan juga sangat mudah ditemukan dan harganya sangat terjangkau. Namun saat mengonsumsi buah-buahan yang cukup asam akan membuat bagian sariawan Anda terasa sakit sehingga perlu berhati-hati. Tips ketiga ialah mengoleskan minyak kelapa pada bagian sariawan.

Minyak kelapa memiliki manfaat yang baik saat sariawan yaitu untuk meredakan rasa nyeri pada sariawan. Tips keempat ialah dengan kumur-kumur larutan air garam untuk menghilangkan bakteri yang menyebabkan sariawan sehingga cepat sembuh. Tips kelima ialah menggunakan kunyit yang telah dihaluskan kemudian oleskan pada bagian sariawan. Tips Keenam ialah selalu menjaga kebersihan mulut Anda sehingga tidak ada bakteri penyebab sariawan. Apalagi jika terdapat luka pada mulut Anda pasti akan memicu terjadinya sariawan sehingga Anda perlu menjaga kebersihannya. Tips ketujuh ialah menghindari merokok pada saat sariawan. Sebab merokok dapat memperparah sariawan sehingga tidak kunjung sembuh. Demikianlah tips mengatasi sariawan paling mudah dan aman untuk dilakukan.

Related posts: