Cara Dan Doa Mandi Wajib Haid

doa mandi wajib

doa mandi wajibHaid adalah salah satu masa dimana seorang wanita Islam tidak diperkenankan melakukan ibadah sholat, puasa, dan beberapa ibadah lainnya. Ketika seorang wanita dalam masa haid, maka dia tidak diwajibkan untuk melakukan sholat dan tidak diperintahkan untuk mengqadha sholat yang ditinggalkan tersebut. Namun, ketika wanita tersebut berada dalam masa haid dan kemudian tidak melaksanakan puasa Ramadhan, maka wanita tersebut wajib membayar puasa tersebut di hari selanjutnya. Haid atau menstruasi merupakan masa dimana seorang wanita mengalami peluruhan sel telur yang tidak dibuahi bersama dengan meluruhnya sel darah merah. Umumnya, masa ini terjadi setiap 1 bulan sekali dan ketika wanita tersebut telah selesai dalam fase haid, maka wanita tersebut diharuskan mandi wajib haid. Sama halnya dengan mandi wajib lainnya, ada doa mandi wajib haid yang harus nada baca ketika akan melakukannya.

Bagaimana Cara Dan Doa Mandi Wajib Haid?

Mandi wajib haid merupakan salah satu hal yang wajib dilakukan setelah seorang wanita selesai dalam masa haid. Jika seorang wanita selesai haid akan tetapi tidak melakukan mandi wajib, maka hukumnya haram bagi wanita tersebut melakukan ibadah sholat, dan lain sebagainya. Cara pertama yang harus Anda lakukan ketika mandi wajib haid adalah dengan membaca basmallah dan doa mandi wajib haid. Niat tersebut dibacakan ketika basuhan pertama kali. Setelah Anda membaca basmallah dan berniat pada basuhan pertama, maka selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah dengan membasuh kedua telapak Anda. Telapak tangan dibasuh sampai dengan pergelangan tangan, masing-masing sebanyak 3 kali basuhan. Setelah itu, Anda dapat membersihkan bagian kemaluan untuk menghilangkan berbagai macam najis yang menempel pada bagian tersebut.

Setelah itu, Anda dapat memulainya dengan membasuh seluruh bagian tubuh dengan menggunakan air. Anda harus memastikan bahwa seluruh bagian tubuh terbasuh oleh air, termasuk bagian bawah kuku. Setelah Anda selesai mandi, Anda dapat mengeringkan bagian tubuh dengan menggunakan handuk atau lain sebagainya. Demikian cara dan doa mandi wajib haid yang dapat Anda lakukan.

Related posts: