Cara Jitu Menjaga Kesehatan Mata Anak

tips kesehatan

tips kesehatanAnak-anak zaman sekarang sudah banyak yang memiliki mata minus sehingga menggunakan kaca mata. Mata minus terjadi seringnya akibat terlalu sering melihat sesuatu dengan jarak yang dekat seperti membaca buku, menggunakan laptop atau hand phone dengan jarak yang terlalu dekat dengan waktu yang lama. Penggunaan kaca mata secara terus menerus ketika sudah terindikasi terkena mata minus sebetulnya tidaklah baik karena  akan mengakibatkan mata terbiasa bekerja dengan kondisi yang tidak normal sehingga bisa menjadikan mata minus semakin bertambah terus. Pola hidup sehat dan menjaga makanan yang mengandung vitamin untuk kesahan mata ini sangat diperlukan bagi anak. Bagaimana cara pencegahan yang tepat agar terhindar dari penyakit mata minus?

Tips Menjaga Kesehatan Mata Pada Anak

Tugas Anda sebagai orang tua tentu sangat berperan dalam menjaga dan memelihara kesehatan anak termasuk juga kesehatan mata. Sebelum berdampak lebih serius yakni mengalami mata minus pada anak, berikut ini langkah-langkah yang perlu Anda ketahui untuk mencegah mata minus pada anak antara lain:

  • Jangan biarkan anak Anda membaca sambil tiduran karena jarak pandang otomatis akan berubah-ubah ketika tangan sudah tidak mampu menopangnya sehingga cepat lelah dan tidak fokus.
  • Batasi penggunaan gadget baik itu komputer maupun HP karena fokus mata hanya tertuju pada benda tersebut. batasi penggunaan hanya selama 2 jam saja untuk selanjutnya beristirahat.
  • Perbanyak konsumsi makanan buah dan sayur. Makanan yang banyak mengandung vitamin A sangat baik untuk kesehatan mata.
  • Jangan biarkan anak Anda membaca di tempat redup dengan pencahayaan yang kurang sehingga membuat mata lebih bekerja dua kali lipat.
  • Jika sudah telanjur memiliki mata minus, maka sesekali lepaskan kaca mata agar lebih rileks dan apabila masih bisa beraktivitas tanpa kaca mata.

Itulah tips yang bisa membantu untuk menjaga kesehatan mata agar terhindar dari penyakit mata minus. Di usia anak-anak ini adalah upaya pencegahan yang paling efektif. Kesehatan mata merupakan hal yang peting untuk diperhatikan mengingat untuk beberapa bidang pekerjaan tidak memperbolehkan memiliki mata minus. Demikianlah ulasan mengenai tips menjaga kesehatan mata kali ini semoga bermanfaat.

Related posts: