Cara Melatih Kecerdasan Emosional

kecerdasan emosional

kecerdasan emosionalJika Anda ingin sekali mencapai kesuksesan dalam berkarir maupun dalam kehidupan sehari-hari maka latihlah kecerdasan emosional. Setiap orang pasti memiliki kecerdasan secara emosional namun bagaimana masing-masing menjaga atau mengelolanya dengan baik. Seperti halnya Anda dalam mengatur emosi diri sendiri dan orang lain. Nah, dalam kehidupan sehari-hari kecerdasan secara emosional ini sangat penting diterapkan dengan sebaik-baiknya dan dengan hal yang positif. Apabila Anda senantiasa menjadi pribadi yang positif maka akan mudah sekali dalam menghadapi keadaan yang sulit sekalipun. Kemudian, ternyata kecerdasan secara emosional setiap orang itu bisa  dilatih dengan baik dengan cara-cara berikut ini. Namun melatih kecerdasan secara emosional ini akan memakan waktu yang cukup lama.

Tips Melatih Kecerdasan Emosional

Apabila Anda ingin sekali mencoba melatih kecerdasan emosional dengan baik maka bisa melihat cara-caranya berikut ini. Cara pertama yaitu dengan mengenali emosi yang sedang Anda rasakan saat ini. Hal ini bertujuan untuk tidak melakukan kesalahan yang dilakukan secara berulang-ulang. Misalnya saat ini Anda sedang emosi dan cenderung bertindak yang negatif maka selalu berpikiran positif dan bisa mengendalikan diri. Cara kedua yaitu dengan mengamati perubahan emosi dan juga mood yang terjadi pada Anda. Terkadang emosi dan mood seseorang itu bisa berubah secara drastis dan dalam waktu yang sangat singkat. Maka dari itu, Anda harus bisa mengamati perubahan emosi dan mood secara baik-baik supaya bisa bertindak sesuai dengan jalan yang benar.

Cara ketiga yaitu dengan bertanya kepada orang lain untuk meminta pendapatnya. Dalam hal ini Anda harus bertanya kepada orang lain untuk mendapatkan pendapatan yang berbeda sehingga Anda akan bisa memahami perbedaannya. Sebab setiap orang pasti memiliki pandangan yang berbeda mengenai suatu hal. Cara keempat yaitu dengan selalu berpikir sebelum Anda melakukan sebuah tindakan. Terkadang Anda melakukan sebuah hal tanpa memikirkan apa saja efek dan resiko yang akan terjadi di kemudian. Nah, dalam mempertimbangkan hal ini memang terkadang sulit karena Anda harus benar-benar memiliki perasaan positif dan sabar. Cara kelima yaitu dengan introspeksi diri sendiri meskipun itu hal yang membuat Anda merasa kesal. Nah, itulah cara melatih kecerdasan emosional jauh lebih baik.

Related posts: