Cara Memperlambat Kenaikan Mata Minus

tips kesehatan

tips kesehatanMata minus atau rabun jauh memiliki istilah medis miopia, merupakan kondisi mata yang menyebabkan ketika mata melihat objek yang letaknya jauh tidak terlihat jelas. Besarnya keparahan mata minus ditandai dengan ukuran dioptri (D) yang digambarkan menggunakan besaran atau angka untuk menggambarkan tinggi atau rendahnya minus pada mata. Dioptri merupakan satuan pengukuran kemampuan optikal dari sebuah lensa baik itu cermin cekung ataupun cermin cembung. Berdasarkan tingkatan keparahannya, mata minus terbagi dalam tiga dioptri, yaitu miopia rendah (-0.5D hingga -3D), miopia sedang (-3D hingga 6D), dan berat (di atas 6D). Gejala mata minus dapat terjadi pada siapa saja dari segala umur dan gejala tersebut semakin lama akan semakin parah dengan seiring bertambahnya usia dan perkembangan mata.

Tips Untuk Memperlambat Kenaikan Mata Minus

Sampai saat ini tidak ada obat yang dapat menyembuhkan mata minus, akan tetapi mata minus dapat dikoreksi dengan penggunaan kacamata, lensa kontak atau dengan metode operasi seperti lasik. Untuk mencegah agar mata minus tidak semakin parah, maka cara termudah untuk menjaga mata minus adalah dengan banyak mengonsumsi makanan yang mengandung lutein. Lutein merupakan senyawa karotenoid yang dapat ditemukan pada sayuran hijau. Selain itu juga disarankan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin A dan betakaroten yang ada pada wortel, ubi, kuning telur dan susu. Juga makanan yang kaya akan omega 3 seperti tuna, salmon dan makarel. Rutin mengistirahatkan mata secara berkala saat menonton TV atau menggunakan komputer setiap 20 menit, 20 detik istirahat kemudian melihat sejauh 20 kaki. juga gunakan kacamata atau lensa kontak dengan ukuran yang tepat atau sesuai dengan ukuran dioptri mata.

Karena kerusakan pada mata minus terjadi secara progresif. Semakin dibiarkan maka akan semakin memperparah penglihatan. Untuk itu hindari pola hidup yang tidak sehat seperti merokok, minum alkohol, dan makan-makanan sembarangan. Gunakan penerangan yang cukup, jangan paksakan mata untuk melihat di dalam gelap atau cahaya yang remang-remang. Terapkan pola hidup sehat dengan mengendalikan kondisi kesehatan yang berdampak pada kesehatan penglihatan seperti diabetes dan tekanan darah tinggi atau hipertensi.

Related posts: