Cara Mudah Hindari Dehidrasi

tips kesehatan

tips kesehatanBerolahraga memang merupakan salah satu kegiatan sehat yang wajib dilakukan agar Anda bisa menggerakkan badan Anda secara sempurna. Dengan berolahraga setidaknya Anda bisa melatih badan Anda untuk tetap kuat walaupun nantinya Anda terserang berbagai penyakit apapun. Nah berbicara mengenai olahraga ini tentunya ada banyak sekali olahraga yang bisa Anda lakukan. Ada yang sifatnya memang ringan dan ada yang sifatnya agak berat. Tapi ada permasalahan saat kita melakukan olahraga yakni bisa jadi kita akan mengalami yang namanya dehidrasi atau kekurangan cairan. Ini merupakan gejala yang bisa dikatakan ringan namun tetap tidak bisa diremehkan karena memang jika diremehkan bisa jadi tubuh Anda akan terasa sangat lemas dan pada akhirnya Anda tidak bisa melakukan satu aktivitas pun.

Seberapa bahaya sih jika dehidrasi menyerang tubuh kita? Jawabannya adalah dehidrasi jika sudah menyerang tubuh maka tentu saja akan menimbulkan berbagai macam gangguan seperti gejala sakit kepala, kelelahan, kram otot, sakit perut dan tidak jarang bisa juga menyebabkan kematian. Agar semua itu tidak terjadi saat kita olahraga ataupun di saat kita sedang melakukan suatu aktivitas apapun, maka cara mencegah dehidrasinya adalah sebagai berikut : pertama dengan meminum air putih. Tahukah Anda manfaat air putih selain untuk menghilangkan rasa haus juga bisa mencegah agar tubuh tidak mengalami dehidrasi? Nah sebagaimana yang disarankan bahwa kita seharusnya mengonsumsi air putih sebanyak 8 gelas per harinya karena ini memang sudah sangat dianjurkan dan air putih ini juga berfungsi untuk mengeluarkan racun yang ada di dalam tubuh kita.

Kedua, dengan makan. Makanan yang sangat dianjurkan untuk dikonsumsi guna menghilangkan rasa dehidrasi pada tubuh kita adalah makanan yang mengandung air dan elektrolit. Sodium dan potasium inilah yang sangat baik untuk menghindarkan diri dari dehidrasi dan ini bisa didapatkan melalui sayur-sayuran dan buah-buahan. Ketiga dengan minum minuman berenergi. Nah untuk minuman berenergi ini nantinya Amda bisa mengonsumsi jenis minuman yang berbentuk soft drink. Serta yang terakhir adalah dengan mengonsumsi minuman yang kadarnya jauh lebih tinggi dari cairan yang hilang dalam tubuh. Contoh riilnya jika Anda berolahraga selama 1 jam maka tentu saja Anda akan kehilangan 1 liter cairan. Nah untuk ini Anda sangat disarankan untuk minum sebanyak 1,5 liter air. Cukup mudah bukan? Yuk praktekkan agar tetap selalu sehat.

Related posts: