Cara Tepat Dalam Menurunkan Panas Balita

Ketika anak panas, kebanyakan para orang tua pasti akan merasa gelisah dan sangat khawatir. Bahkan rasa khawatir yang menerpa menyebabkan orang tua tidak tahu harus berbuat apa kepada anaknya yang panas. Hal tersebut sering terjadi pada orang tua yang baru memiliki anak satu, alias baru menjadi orang tua. Sebenarnya jika anak panas tak perlu khawatir. Pasalnya jika khawatir, hal tersebut justru membuat Anda tidak bisa melakukan apa-apa. Jika memang bingung, Anda bisa langsung membuka internet untuk mengetahui apa saja langkah yang perlu dilakukan. Nah kami di sini juga akan berikan beberapa penanganan tepat bagi balita yang mengalami panas.

Turunkan Panas Balita Menggunakan Cara Sederhana

Menurunkan panas yang terjadi pada balita itu sebenarnya sangatlah mudah. Hal pertama yang harus dilakukan adalah, memberikan ASI yang rutin. ASI akan menjadi obat yang paling ampuh ketika anak Anda sedang sakit. Berbagai macam penyakit akan segera pulih jika Anda sebagai ibu selalu memberikan asupan ASI secara rutin. Bahkan jika memungkinkan, berikan ASI selama 3 jam sekali. Dengan begitu pertahanan sistem imun anak jadi lebih kuat. Langkah kedua, dengan membuat anak berada dalam keadaan yang nyaman. Ketika sedang mengalami panas, anak pasti merasa sangat tidak nyaman. Untuk itu sebagai orang tua, Anda harus memberikan kenyamanan bagi anak. Contohnya, jika memang anak Anda tak suka dengan ruangan yang gerah, coba masuklah ke ruangan yang sejuk.

Langkah ketiga, Anda harus rutin melakukan pengompresan pada dahi anak. Namun jika memang tidak sempat untuk mengganti kompres secara rutin, Anda bisa menggunakan kompres instan yang sekarang terjual di apotek. Bahkan dengan menggunakan kompres instan tersebut akan lebih cepat dalam menurunkan panas anak. Langkah keempat, dekaplah sang anak. Pasalnya dekapan seorang ibu akan membuat anak merasakan aman dan nyaman. Sehingga yang tadinya rewel dan nangis terus jadi bisa lebih anteng. Jika rewelnya berhenti maka anak pun jadi bisa beristirahat. Namun jika panasnya tak kunjung turun, bawalah ke dokter anak.  Bisa jadi itu merupakan indikasi ada penyakit lain di tubuh anak.

Related posts: