Contoh Jenis Usaha Bagi Anak Sekolahan

peluang usaha

peluang usahaSiapa bilang anak muda kerjanya hanya untuk belajar saja? Masa muda tentu harus bisa dimanfaatkan untuk mengenal dunia bisnis agar setelah lepas dari dunia pendidikan bisa langsung terjun ke dunia bisnis. Disamping itu, mengisi masa muda dengan berbisnis juga bisa menambah uang saku. Tidak perlu lagi minta uang saku ke orang tua, atau bisa jadi malah jadi tambahan untuk keuangan keluarga. Tapi karena anak sekolahan, khususnya anak SMA tidak memiliki banyak waktu untuk dimanfaatkan, maka pilihlah jenis usaha atau bisnis yang bersahabat bagi anak sekolahan. Berikut ini beberapa contohnya.

Menjadi Blogger Atau Vlogger

Sekarang ini menjadi blogger atau vlogger sangat digemari oleh anak muda. Jika blogger hanya membagikan artikel atau cerita karangan, vlogger lebih ke video. Kedua hal tersebut sangat cocok bagi anak muda masa kini yang suka berbagi kebiasaan sehari-hari. Tapi jangan salah, kedua hal tersebut bisa juga dikomersialkan dan keuntungannya bisa besar sekali.

Menjual Jasa Sesuai Keahliannya

Bagi anak SMK tentu punya kelebihan karena di sekolah biasa diajarkan suatu keterampilan. Keterampilan tersebut bisa juga dimanfaatkan untuk membuka usaha jasa. Seperti misal anak jurusan otomotif bisa coba membuka bengkel. Disamping mendapatkan keuntungan, bisa juga menambah keterampilan agar lebih ulet.

Berjualan Jajanan Atau Aksesoris

Berjualan mungkin menjadi salah satu jenis usaha paling gampang dijalankan. Bagi anak sekolahan, berjualan bisa saja dititipkan ke salah satu warung di kantin sekolah. Sedangkan untuk berjualan aksesoris, mungkin agak susah karena biasanya pihak sekolah melarang siswa untuk membawa barang dagangan ke sekolah. Cukup bawa beberapa saja sebagai sampel dan jika ada yang berminat bisa lakukan pemesanan, atau bila perlu dibuat sebuah katalog untuk mempermudah.

Itulah beberapa contoh jenis usaha atau bisnis yang bisa dijalankan oleh anak muda, khususnya anak sekolahan. Namun perlu diingat, jangan sampai kegiatan tersebut mengganggu kegiatan belajar. Cukup jadikan sampingan karena tugas utama para pelajar adalah untuk belajar. Sekian dan semoga bisa bermanfaat.

Related posts: