Efek Samping Dalam Menggunakan Ponsel

tips kesehatan

tips kesehatanPenggunaan ponsel yang berlebihan memang dapat berpengaruh buruk bagi kesehatan tubuh. Melalui radiasi gelombang elektromagnetik dengan daya frekuensi radio yang bisa menyebabkan penyakit kanker. Radiasi inilah yang memicu terjadinya pemanasan pada jaringan otak sehingga menimbulkan kanker otak dan penyakit kanker lainnya. Menggunakan ponsel pada saat berkendara juga menjadi penyebab terjadinya kecelakaan di jalan raya karena dapat memecah konsentrasi saat mengemudi baik itu mengendarai motor ataupun mobil. Posisi tubuh yang salah menggunakan ponsel juga dapat mengakibatkan sakit pada leher dan punggung. Demikian juga pada otot tangan yang terpicu karena seringnya mengirim pesan dan menekan keyboard pada ponsel yang membuatnya nyeri dan sakit.

Tips Aman Dalam Penggunaan Ponsel

Sebagai makhluk sosial tentunya memiliki teman akan menyenangkan sehingga Anda akan sering menghubunginya atau dihubungi melalui telepon dan berbicara panjang. Seperti biasa tentunya ponsel akan didekatkan pada telinga. Namun ada baiknya jika menggunakan headset untuk mengurangi radiasi langsung masuk ke otak. Kemudian Anda juga bisa membatasi pada panggilan penting dan baik itu dari kerabat atau dari rekan kerja. Sehingga penggunaan headset tidak terlalu sering jadi dapat mengurangi gangguan pada pendengaran. Meskipun saat ini ponsel semakin canggih dengan sinyal yang dapat menembus baja namun sebaiknya untuk menghindari penggunaan ponsel pada ruangan yang tertutup dengan logam seperti lift. Karena logam akan memantulkan radiasi yang terpancar dari ponsel.

Ketika tidur di malam hari sebaknya untuk menjauhkan ponsel dari tubuh minimal berjarak 50 cm terutama saat sedang melakukan isi ulang daya. Sebagai anjuran untuk tidak menyimpan ponsel pada saku celana atau kemeja sebab dapat menimbulkan berbagai efek negatif bagi tubuh yaitu jantung dan berkurangnya tingkat kesuburan bagi pria. Jadi simpanlah ponsel ke dalam tas untuk lebih amannya. Jangan menggunakan ponsel lebih dari satu jam secara terus menerus karena akan menyebabkan mata menjadi perih dan kering. Juga untuk tidak menggunakannya menjelang tidur malam karena akan membuat Anda menjadi insomnia dan mengganggu metabolisme jam tidur pada tubuh Anda.

Related posts: