Gloomy Sunday Dianggap Lagu Pengantar Kematian

Gloomy Sunday

Gloomy SundayBanyak sekali kasus bunuh diri yang terjadi pada masa lalu saat lagu Gloomy Sunday menjadi booming dan meledak di negara asalnya yaitu Hongaria. Karena lagu ini, bahkan sampai pemerintah Hongaria memerintahkan pelarangan lagu tersebut dinyanyikan dan diputar di muka umum pada jaman itu. Pemerintah Hongaria melihat telah terjadinya kekacauan yang meresahkan rakyatnya, terlebih pada saat itu sedang berlangsung peperangan yang menyebabkan masyarakat mengalami resesi mental dan menurunnya semangat hidup. Entah ada hubungannya atau tidak, lirik lagu ini seakan mengisyaratkan kepada pendengarnya tentang kedamaian saat proses kematian dan keberkatan doa-doa yang mengiringi kematian tersebut. Bahkan di beberapa kejadian lagu ini diputar pada saat prosesi pemakaman.

Kasus Kematian Yang Diiringi Lagu Gloomy Sunday

Seperti yang telah di lansir berita-berita internasional pada masa tahun 30-an sampai dengan tahun 40-an telah banyak kasus menghebohkan bunuh diri di Hongaria yang banyak menelan korban jiwa. Bahkan sampai pada jumlah ratusan di negara Inggris dan Amerika Serikat. Seperti sebuah rangkaian panggilan kematian, lagu Gloomy Sunday seakan menghipnotis pendengarnya untuk mengikuti jejak lagu yang dipopulerkan oleh Billie Holiday di tahun 40-an ini. Liriknya yang begitu dalam menyayat hati membuat sebagian orang yang memiliki perasaan dan emosional yang tinggi akan merasa bahwa lagu tersebut mengisyaratkan tentang dirinya sendiri. Sehingga tanpa disadari dalam pikirannya akan memproses memori bahwa setelah kematiannya dia akan mengalami hal serupa seperti yang ada di dalam lagu.

Serentetan kasus kematian akibat bunuh diri yang sebenarnya tidak berhubungan langsung dengan lagu Gloomy Sunday ini justru semakin menyudutkan emosi sang penggugah lagu Rezso Seress yang akhirnya mengalami depresi berkepanjangan. Konon diberitakan penyair dan musisi asal Hongaria yang telah mengunggah puisi karya Laszlo Javor pada tahun 1935 menjadi sebuah lagu ini meninggal bunuh diri dengan melompat dari lantai delapan apartemennya. Walaupun disinyalir bahwa kematian musisi ini akibat serangan jantung, namun kisah seram yang merebak di masyarakat dunia semakin meyakinkan bahwa lagu ini adalah lagu pengantar kematian.

Related posts: