Harga Ayam Hias Merak dan Tips Perawatannya

Burung merak atau ayam merak termasuk unggas yang sangat cantik dengan bulu-bulu aneka warna yang mengembang saat ia berjalan. Karena kecantikannya ini, tidak heran apabila harganya juga tidak murah. Berdasarkan informasi di harga.top, seekor burun gmerak anakan jantan saja bisa mencapai harga Rp1.500.000 per ekornya, sementara anakan betina mencapai Rp1.000.000. Harga untuk seekor merak dewasa tentu lebih fantastis lagi, di mana baik merak jantan maupun betina dapat mencapai Rp3.500.000 per ekornya. Namun dengan harga yang terbilang sangat tinggi ini, tetap ada saja orang yang mencari burung merak untuk dipelihara di rumahnya.

 

Tips Perawatan Ayam Merak

 

Mengingat ukurannya yang besar, ayam merak juga akan memerlukan sangkar yang ukurannya relatif besar supaya mereka dapat mengembangkan ekornya sewaktu-waktu. Sangkar yang sempit akan dapat merusak ekornya saat mengembang karena bergesekan dengan dinding kawat pada sangkar. Dengan kata lain, apabila kita hendak memelihara burung ini di rumah, siapkan uang lebih untuk membangun sangkar khusus dengan ukuran yang besar. Menurut harga.top, Ayam merak jelas takkan dapat dipelihara dalam kandang ayam biasa atau bahkan sangkar burung yang biasa digantung di depan rumah. Di alam bebas sendiri, merak terbiasa hidup dalam hutan-hutan di dataran rendah. Makanannya antara laina dalah biji-bijian, buah-buahan yang jatuh, cacing tanah serta serangga.

 

Merak juga akan suka makan rumput serta berada di tempat terbuka yang berdekatan dengan sumber air. Merak terbiasa tidur bertengger pada pohon-pohon yang tak terlalu rimbun daunnya. Dalam hal pengasuhan anak, merak betina akan lebih berperan sementara merak jantan hanya mengasuh serta mengawini merak-merak betina. Merak peliharaan sebaiknya diberi pakan berupa gabah, dedak, jagung giling, taoge, kacang tanah, irisan kangkung, kacang panjang serta pepaya. Pemberian makan harus dilakukan tiap hari setelah kandang selesai dibersihkan. Dalam kandang juga sebaiknya disediakan pokok kayu kering untuk tempatnya bertengger serta kolam kecil dan juga bak pasir sebagai area untuknya bermain. Sebulan sekali, merak harus diberi obat antibiotik guna mencegah serangan penyakit.

Related posts: