Hati-Hati Jika Anda Memijat Bayi

tips kesehatan

tips kesehatanBagi bunda di rumah yang memiliki bayi, hati-hati saat memijat bayi. Jika Anda tidak tahu caranya sebaiknya minta bantuan profesional. Pijat pada bayi dapat dilakukan ketika bayi berusia 3 bulan. Jika kurang dari itu, misalnya bayi baru berusia 27 hari kemudian dipijat maka dapat menyebabkan pendarahan di otak seperti yang pernah terjadi pada bayi pasangan Ahmad Agus dan Mas’udah. Bayi dari pasangan tersebut mengalami pendarahan di otak sehingga menyebabkan bayi muntah-muntah dan mata kirinya menutup, setelah diperiksa ke rumah sakit ternyata terjadi pendarahan di otak, kemudian bayi tersebut dioperasi. Bayi tersebut sempat diperkirakan keberhasilan operasinya hanya 25%, tetapi karena karunia dari Tuhan Yang Maha Esa, bayi tersebut selamat.

Mengapa Perlu dilakukan Pemijatan pada Bayi?

Pada dasarnya pemijatan pada bayi sangat baik untuk meningkatkan berat badan bayi, karena pemijatan pada bayi mampu menciptakan Bonding Attachment. Seringnya pemijatan pada bayi dilakukan ketika bayi menginjak usia 4 bulan, 7 bulan dan lain-lain. Agar lebih aman Anda dapat memijat bayi ketika usianya menginjak 2 tahun. Ketika bayi berusia 2 tahun Anda juga harus tetap berhati-hati dalam melakukan pemijatan. Bayi harus ditempatkan di tempat yang rata dan peralatan yang digunakan harus peralatan yang lembut. Kemudian Anda juga perlu menggunakan minyak yang tidak mengiritasi seperti baby oil atau minyak kelapa. Sebelum mulai memijat Anda juga perlu memperhatikan kebersihan tangan dan harus membuat kuku Anda pendek terlebih dahulu.

Ketika memijat si kecil, Anda harus menghindari bagian-bagian tertentu seperti daerah kepala, bagian mata dan selaput lendir. Anda juga perlu menghindari memijat anak setelah makan serta menyusui. Ketika memijat anak, Anda tidak boleh memaksakan posisi stimulasi tertentu. Ketika anak tidur maka jangan dibangunkan hanya karena hendak dipijat, ketika anak sakit juga jangan dipijat. Pemijatan juga tidak boleh dilakukan dengan paksaan. Itulah beberapa hal yang sebaiknya Ibu ketahui sebelum memijat bayi. Jangan sampai niatnya baik, namun caranya salah hasilnya menjadi bahaya buat bayinya sendiri. Demikian informasi mengenai pemijatan yang dapat dilakukan pada bayi, semoga bermanfaat.

Related posts: