Imunisasi Aman Dan Sehat

tips kesehatan

tips kesehatanBermula dari sejumlah penyakit yang sempat mewabah beberapa tahun lalu seperti campak atau cacar air, banyak penyakit kini dapat ditanggulangi dengan melakukan imunisasi sebagai upaya pencegahan dini. Tren kesehatan dari mengobati menjadi mencegah memang banyak didengungkan oleh menteri kesehatan. Hal ini memang diusahakan sungguh-sungguh oleh pelaku kesehatan dengan menggalangkan imunisasi tang distandarkan. Namun, dilema masih sering menggelayuti para orang tua ketika mereka harus mengimunisasi buah hati mereka. Ketakutan akan efek samping seperti panas dan sakit berlebih dapat dihindari dengan memperhatikan hal berikut.

Tips Imunisasi Aman Bagi Bayi

Imunisasi pada dasarnya adalah memasukkan bibit virus masuk ke dalam tubuh bayi dan anak-anak. Pada kondisi ini, antibodi alami pada tubuh bayi dipaksa mengenali keberadaan benda asing ini dan melawannya. Harapannya, ketika satu saat nanti mereka bertemu kembali, antibodi dapat langsung melawannya sehingga tidak sempat terjangkit penyakit ini. Untuk memastikan efek samping pasca imunisasi seperti susah tidur dan rewel pada anak sampai resiko demam yang mungkin timbul, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan memastikan kondisi anak secara umum. Saat terbaik melakukan imunisasi adalah ketika kondisi badan anak sedang fit. Hal ini bisa dilihat dari suhu badan, nafsu makan, dan pola keceriaan anak yang normal.

Selain memperhatikan kondisi fisik anak, meminumkan air putih banyak-banyak pada anak setelah melakukan imunisasi juga membantu meredakan panas yang mungkin timbul. Air juga akan mengurangi resiko dehidrasi pada tubuh anak sehingga mereka akan merasa nyaman tanpa terkena efek samping berlebihan pasca operasi. Satu hal lainnya yang penting untuk dilakukan adalah dengan mengatur jadwal imunisasi anak dengan baik sesuai aturan yang diberikan dokter. Hal ini berguna untuk membuat siklus tubuh anak lebih teratur dan mencegah penumpukan jadwal akibat pengaturan imunisasi yang kurang tertata. Setelah diimunisasi, orang tua juga harus lebih peka untuk mengecek kondisi anak sesering mungkin sehingga jika terjadi efek samping, deteksi awal dapat dikenali dengan baik.

Related posts: