Informasi Kesehatan Seputar Penyakit Retina

Dokter Retina

Dokter RetinaKesehatan memang mahal harganya karena itu penting sekali untuk menjaga kesehatan tubuh tidak terkecuali mata. Salah satu gangguan kesehatan pada indera penglihatan yang sering dialami oleh orang-orang adalah penyakit retina yang mana akan dibahas lebih dalam pada artikel ini. Harus diakui saat ini tidak sedikit yang masih mengabaikan akan pentingnya menjaga kesehatan mata mereka padahal menjaga kesehatan mata sangatlah penting. Kebanyakan dari mereka tidak sadar jika kebiasaan yang sering dilakukan ternyata bisa memberikan dampak negatif terhadap mata dan mereka baru sadar ketika mata terasa gatal, perih dan penglihatan mulai terasa kabur serta tidak fokus.

Kenali Gejala Dari Penyakit Retina Ini

Gangguan pada mata yang cukup ringan seperti mata merah karena iritasi sehingga terasa pedih, gatal dan terkadang disertai dengan rasa panas sampai mata berair. Jika gangguan tersebut terjadi untuk mengatasinya masih mudah sekali karena gangguan tersebut merupakan gangguan mata yang tergolong ringan. Tetapi beda ceritanya jika mengalami penyakit retina yang mana dibutuhkan pengobatan yang lebih kompleks. Pertama-tama kenali dulu beberapa gejala dari penyakit pada retina ini:

  • Ada beberapa gejala yang menyertai penyakit ini salah satunya adalah pandangan yang terasa kabur dan tidak fokus.
  • Selain pandangan yang kabur, juga terdapat semacam bintik yang terapung atau bisa juga menyerupai jaring laba-laba yang membuat penglihatan menjadi terhalang.
  • Gejala yang terakhir adalah adanya gangguan pada lapangan pandang tepi.

Jika muncul gejala-gejala di atas maka langkah yang paling tepat adalah dengan memeriksakan diri ke dokter mata untuk mendiagnosis adakah masalah organ mata ini terutama pada organ retina. Umumnya ada beberapa pemeriksaan yang mesti dijalani seperti CT Scan, MRI, USG, OCT lalu Tes Amsler grid dan Angiografi. Kemudian jika ternyata masalahnya ada pada retina maka untuk pengobatannya yang paling umum adalah dengan melakukan operasi yang bertujuan untuk memperlambat atau menghentikan perkembangan penyakit retina serta untuk memperbaiki dan juga mengembalikan penglihatan agar bisa kembali normal seperti sedia kala.

Related posts: