Karakteristik Senapan Gas Cipacing

Senapan Gas Cipacing

Senapan Gas CipacingCipacing merupakan daerah di Jawa Barat yang terkenal dengan produksi senapan. Sebagian masyarakat Cipacing bekerja dengan menjadi pengrajin dan pengusaha senapan angin. Senapan gas Cipacing juga telah dikirim ke beberapa daerah di Indonesia. Oleh karena itu, tidak heran jika toko senapan di daerah Cipacing selalu kebanjiran pesanan. Para pengrajin senapan di Cipacing juga semakin rajin memproduksi senapan untuk dikirim ke pelanggan dari seluruh Indonesia. Para pengrajin sendiri sudah mulai memproduksi senapan sejak puluhan tahun yang lalu, tepatnya pada tahun 1986. Berdasarkan sejarah, masyarakat Cipacing memiliki kemampuan untuk membuat senapan karena mendapatkan ilmu tersebut secara turun-menurun dari keluarganya. Dahulu, terdapat sekumpulan masyarakat Cipacing yang mempunyai aktivitas sebagai perakit senjata api saat masa kependudukan Jepang. aktivitas tersebut terus berlanjut hingga akhirnya tercipta senapan angin khas Cipacing.

Ciri-Ciri Senapan Gas Cipacing

Salah satu tipe senapan angin yang banyak diproduksi oleh pengrajin di Cipacing adalah senapan angin gejluk. Jenis senapan ini memiliki panjang sekitar 60 cm dan beratnya sekitar 3-4 kg. Senapan angin gejluk ini memiliki bagian Slombong yang terbuat dari kuningan asli dengan panjang kurang lebih 50 cm. Panjang diameter tabung di dalam senapan angin gejluk adalah 19 mm. Bagian popor senapan ini dibuat dari jenis kayu sono keling. Senapan angin gejluk biasanya dapat digunakan hingga 50 kali shoot dengan maksimal pompa sebanyak 500-1000 kali dan jarak tembak adalah 50 meter. Dengan kualifikasi tersebut, maka senapan gas Cipacing tipe gejluk menjadi favorit bagi para pencinta senapan di Indonesia.

Selain senapan angin tipe gejluk, masyarakat Cipacing juga memproduksi senapan dengan tipe yang lain. Beberapa tipe senapan gas Cipacing yang juga populer di Indonesia adalah jenis senapan pompa, senapan pegas,  dan senapan tipe PCP. Masing-masing senapan tersebut memiliki cara kerja yang berbeda dan menjadi ciri khas tersendiri untuk senapan tersebut. Biasanya, masyarakat lebih suka untuk membeli senapan angin tipe pompa karena dijual dengan harga yang lebih murah. Sedangkan jenis senapan yang harganya lebih mahal adalah tipe senapan PCP dimana harganya bisa mencapai Rp 5.000.000,-.

Related posts: