Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil

tips kesehatan

tips kesehatanKehamilan merupakan hal yang paling dinanti oleh pasangan suami istri. Untuk menjaga kesehatan janin tentulah banyak cara yang bisa dilakukan, salah satunya adalah dengan menjaga asupan makanan. Hal ini sangat penting, karena makanan yang dikonsumsi olah sang ibu menjadi sumber utama makanan yang akan diterima oleh si janin. Memilih konsumsi makanan yang sehat dan tepat akan mengurangi resiko terjadinya bayi lahir prematur, mengurangi resiko bayi lahir cacat, bahkan mengurangi resiko keguguran. Selain itu, konsumsi makanan yang sehat dan tepat akan membuat kondisi sang ibu selama masa kehamilan menjadi lebih kuat.

Ada beberapa makanan yang disarankan untuk ibu hamil, diantaranya adalah:

  1. Air

Sangat disarankan untuk ibu hamil mengonsumsi air sebanyak 2,5 liter per hari yang setara dengan 10 gelas air. Makanan yang mengandung banyak air seperti buah-buahan, jus, dan juga susu dapat menjadi pengasup cairan untuk tubuh. Mengonsumsi cukup air dapat mencegah beberapa gangguan kehamilan seperti konstipasi, infeksi kandung kemih, pembengkakan, bayi lahir dalam kondisi prematur, dan gangguan lainnya.

  1. Sayuran

Berbagai macam kandungan yang terdapat pada sayuran dapat menambah nutrisi bagi si ibu dan juga janin. Misalnya dengan mengonsumsi sayuran yang banyak mengandung zat besi dapat mengurangi terjadinya anemia atau pusing pada ibu hamil. Kandungan asam folat yang terdapat pada sayuran hijau juga akan memicu terjadinya pembelahan serta pertumbuhan sel, hal ini sangat baik untuk tumbuh kembang si janin.

  1. Buah-buahan

Buah-buahan mengandung begitu banyak nutrisi seperti mineral, vitamin, dan serat yang baik untuk ibu hamil. Salah satunya adalah vitamin C yang terdapat pada buah-buahan. Vitamin C pada buah-buahan akan membantu memperkuat kekebalan tubuh dan mencegah terjadinya infeksi.

  1. Ikan, daging, dan telur

Kandungan protein serta asam lemak omega 3 yang terdapat pada ikan, daging, dan telur akan membantu pertumbuhan otak janin. Namun, si ibu juga harus berhati-hati ketika mengonsumsi ikan. Beberapa ikan ada yang mengandung merkuri yang justru akan mengganggu pertumbuhan dan perkembangan otak janin. Selain itu, daging yang mengandung banyak lemak jenuh juga tidak baik bagi sang ibu dan janin.

  1. Susu dan berbagai olahan dari susu

Susu memiliki begitu banyak kandungan nutrisi seperti protein, vitamin, serta berbagai nutrisi lainnya. mengonsumsi susu dapat membantu pertumbuhan dan perkembangan jaringan baru pada janin, membantu pembentukan otot, membantu pengangkutan oksigenĀ  menuju janin, serta untuk mengganti beberapa jaringan yang rusak.

Related posts: