Makanan Yang Dianjurkan Bagi Penderita Darah Rendah

tips kesehatan

tips kesehatanKurangnya sel darah merah pada tubuh Anda dapat mengakibatkan penyakit anemia atau darah rendah. Sel darah merah itu sendiri berperan sangat penting sebagai pengedar oksigen ke seluruh jaringan tubuh. Oleh karena itu jumlah sel darah merah tidak boleh lebih maupun kurang namun harus seimbang. Yuk, cari tahu makanan apa saja yang dianjurkan sehingga dapat menambah darah bagi penderita darah rendah.

Makanan Yang Dianjurkan Bagi Penderita Darah Rendah

Darah rendah itu sendiri kondisi dimana kadar sel darah merah berada dalam jumlah dibawah normal sehingga mengakibatkan tubuh merespons kelainan seperti cepat lelah, pucat, pusing sehabis duduk terlalu lama. Kekurangan sel darah merah dapat disebabkan kekurangan mineral seperti zat besi, asam folat, dan beberapa vitamin S, B12, dan C. Cara termudah mengatasi kondisi ini adalah mengonsumsi makanan yang dianjurkan untuk penderita darah rendah. Makanan tersebut antara lain buah-buahan yang mengandung vitamin A, C ataupun B kompleks misalnya jeruk, tomat, manga, jambu biji, apel, pepaya, strawberry, buah naga, anggur, alpukat. Kemudian mengonsumsi makanan penambah darah dari sayur-sayuran yang mengandung nutrisi penting bagi Anda yang mengalami anemia. Beberapa sayuran tersebut adalah kembang kol, sawi, bayam, kangkung, dan daun datuk. Selain itu Anda juga dapat mengonsumsi kacang-kacangan seperti kacang hijau, kayang polong kering, dan kacang Almond. Makanan lainnya yang baik dikonsumsi penderita anemia adalah udang, ikan baronang, tiram, kerang, ikan salmon, dan daging merah. Banyaknya makanan yang baik bagi Anda yang mengalami darah rendah akan membantu Anda dalam mengatur diet sehat meningkatkan zat besi. Anda dapat membuat menu dengan bijak pada diet Anda. Agar penyerapan zat besi yang terkandung pada sayuran dan makanan Anda konsumsilah buah-buahan yang mengandung vitamin C.

Demikian ulasan singkat mengenai makanan yang dianjurkan bagi penderita darah rendah. Mengubah pola menu makanan Anda setiap harinya atau menyusun diet sangat penting dilakukan agar darah merah dalam jumlah normal. Semoga informasi diatas dapat memberikan manfaat bagi Anda.

Related posts: