Manfaat Dan Bahaya Makanan Berlemak

tips kesehatan

tips kesehatanMenengok kuliner masakan Indonesia yang memiliki banyak sekali jumlahnya tentu akan membuat lapar perut orang yang melihatnya. Kuliner masakan Indonesia hampir semuanya tidak lepas dari makanan berlemak yang sangat menggugah selera makan seperti rendang, empal gentong dan lain sebagainya. Makanan berlemak memang memiliki daya tarik tersendiri bagi setiap individu manusia untuk menyantapnya. Bagi Anda yang tengah menjalani program diet, tentu akan menjauhi makanan yang mengandung lemak untuk mengontrol berat badan yang dimilikinya akan tetapi Anda pun tidak sebaiknya melupakan kebutuhan lemak yang dibutuhkan oleh tubuh yang harus Anda konsumsi dalam setiap harinya.

Berbicara mengenai makanan berlemak, mungkin sebagian besar orang akan menilai makanan berlemak merupakan makanan yang tidak sehat yang harus dihindari. Padahal, persepsi tersebut salah adanya. Lemak pada dasarnya dibagi menjadi 2 yaitu lemak jahat dan lemak baik. Lemak baik merupakan lemak yang dibutuhkan oleh tubuh seperti lemak jenuh tak jenuh baik tunggal atau pun ganda. Lemak tersebut biasanya dapat diperoleh dari sumber makanan seperti kacang-kacangan, minyak zaitun, minyak kanola, selai kacang, alpukat, ikan tuna, minyak biji bunga matahari dan lain sebagainya. Sedangkan lemak jahat adalah lemak yang tidak dibutuhkan oleh tubuh dan keberadaannya dapat menimbulkan resiko penyakit yang berbahaya di dalam tubuh. Sumber makanan yang dapat menimbulkan lemak jahat adalah es krim keju, makanan siap saji, daging dan lain sebagainya.

Lemak di dalam tubuh memiliki manfaat sekaligus bahaya apabila pada cara mengonsumsinya tidak terkontrol dengan baik. Manfaat dalam mengonsumsi lemak baik adalah sebagai cadangan energi yang tersimpan di dalam tubuh, mengontrol kolesterol dalam tubuh, sebagai bahan yang digunakan untuk pembentukan sel, sebagai pengontrol dan pelindung organ dalam, meningkatkan kesuburan, sebagai transportasi dan penyerapan vitamin. Sedangkan lemak jahat apabila dikonsumsi dalam tubuh dapat menimbulkan berat badan yang tidak terkontrol, memicu penyakit kanker, penyebab serangan jantung, stroke dan masih banyak lagi jenis penyakit yang dapat ditimbulkan dari konsumsi lemak jahat.

Related posts: