Membuat Nasi Tumpeng Jakarta Barat

nasi tumpeng jakarta barat

nasi tumpeng jakarta baratAdanya dengan nasi tumpeng ini di karenakan untuk makanan ketika ada sebuah acara khusus untuk rasa bersyukur kepada Yang Maha Kuasa. Misalnya jika ada yang sedang mempunyai hajatan seperti syukuran sesudah nikahan atau lain pasti di dalamnya terdapat nasi tumpeng, karena itu sudah di jadikan sebagai symbol khusus dari semua masyarakat Jawa. Nasi tumpeng Jakarta barat juga sama seperti itu, walaupun dari daerah Jakarta barat.

Cara Membuat Nasi Tumpeng Jakarta Barat Yang Enak

Jika Anda belum bisa membuat nasi tumpeng Jakarta barat, Anda tidak perlu kawatir, karena disini akan memberikan beberapa info cara membuat nasi tumpeng yang dari Jakarta barat. Cara membuat nasi tumpeng :

  1. siapkan dulu beras ketan yang lalu di rendam selama satu hari atau 12 jam agar beras ketannya bisa menjadi enak, jika Anda mempunyai hajatannya besok, sebaiknya Anda merendamnya 1 hari sebelumnya agar tidak terburu-buru.
  2. Cucilah beras biasa yang sudah di siapkan, lalu tirislah beras ketan yang sudah di rendam 1 hari.
  3. Siapkan 3 buah daun jeruk dan 1 batang serai. Remas-remas kedua bahan itu sampai baunya tercium, lalu siapkan kunyit yang sudah di timbuk, lalu sesudah itu siapkan air matang sebanyak 100 cc. campurkan kunyit yang sudah di timbuk dengan air matang lalu peraslah.
  4. Campurlah serai, daun jeruk yang tadi dan 2 lembar daun salam, perasan kunyit, santan 750 cc, dan garam. Aduk semuanya sampai bahannya tercampur rata.
  5. Jika semua bahan sudah tercampur, masukkan beras yang sudah di campur ketan yang di siapkan tadi lalu masaklah dan aduk ketika sedang memasak.
  6. Jika santan sudah mulai mengering angkatlah beras tersebut, Anda di wajibkan jangan sampai telat ketika mengangkatnya agar tekstur nasinya tetap bagus.
  7. Lalu pindah beras ke tempat kukusan khusus yang berada di atas api langsung, cek lah beras yang ada di kukusan sebaik mungkin dan tunggulah kira-kira 35 menit.
  8. Jika sudah matang dan sudah mengering, bentuklah nasi tersebut sampai membentuk gunungan. Jika sudah membentuk seperti yang di inginkan, sajikanlah nasi tumpeng itu dengan beberapa lauk pauk seperti telur, mie goreng, tempe, tahu, dan lainnya.

Itu adalah beberapa cara membuat pesan nasi tumpeng jakarta barat Semoga bermanfaat buat kita semua.

Related posts: