Memperhatikan Portal Berita Islam Masa Kini

Radar Islam

Radar IslamSemakin gencarnya perkembangan teknologi yang hadir ditengah masyarakat dunia membuat akses  terhadap informasi-informasi terkini beredar secara luas. Apalagi dengan bantuan internet, dimana kecepatan aksesnya lebih cepat dibandingkan dengan akses apapun. Anda bisa dengan mudah mengakses portal berita Islam masa kini tanpa takut ketinggalan berita yang sedang hangat-hangatnya dibahas oleh masyarakat dunia. Yang harus benar-benar diperhatikan dalam mencari  informasi melalui portal berita adalah sebuah akurasi. Karena akurasi adalah hal terpenting dan yang paling utama bagi pembaca dalam mencerna informasi yang ada. Untuk itu berikut ini beberapa penjelasan mengenai bagaimana caranya untuk memperhatikan dan mengenali tingkat keakuratan dari sebuah berita.

Trik Dalam Memperhatikan Dan Menilai Tingkat Akurasi Portal Berita Islam

Memperhatikan dan menilai tingkat akurasi dari sebuah berita dianggap penting, agar berita yang Anda kunyah tidak akan ditelan dengan mentah-mentah. Melainkan melalui proses yang begitu matang  sehingga enak untuk dimakan. Selain sebagai sifat yang paling utama dalam sebuah berita, tingkat akurasi juga ternyata adalah salah satu syarat sahnya berita diterbitkan. Jadi ketika berita sudah sesuai dengan ketentuan hukum dan lulus uji etika jurnalisme, maka bisa dikatakan berita tersebut adalah berita yang bisa dipercaya tingkat akurasinya. Termasuk juga dengan portal berita Islam. Apalagi portal ini adalah portal yang menghadirkan berita-berita yang tentu saja lebih banyak membahas mengenai agama Islam. Dimana ketika mereka menerbitkan berita yang belum pasti terkait dengan isu sebuah agama. Maka akan menimbulkan efek sensitivitas di dalam sebuah masyarakat. Dan bukan tidak lagi, melainkan pastilah kericuhan akan muncul seiring dengan beredarnya berita belum pasti tersebut ke khalayak publik sehingga menyebabkan kekacauan yang tidak diinginkan.

Anda harus selalu ingat bahwa menilai portal berita yang akurat harus dilakukan dengan menilai domainnya terlebih dahulu. Jika mereka menggunakan domain gratis, maka jangan mudah percaya dengan berita yang mereka hadirkan. Karena bisa jadi mereka hanya  asal-asalan dengan isi berita yang mereka terbitkan. Apalagi jika Anda sampai mudah terkecoh dengan portal berita Islam gadungan. Maka bisa jadi Anda akan terpancing dengan berita miring dan mudah tersulut emosinya. Jadi selektiflah dalam memilih  portal berita.

Related posts: