Mencegah Kanker Serviks Dengan Makanan Sehat

tips kesehatan

tips kesehatanSetiap tahunnya wanita Indonesia terancam meninggal dunia akibat kanker serviks. Hampir setiap harinya muncul 40 sampai 45 kasus baru wanita yang terkena virus mematikan ini, dan hampir 20 – 25 orang wanita meninggal setiap hari. Ini artinya, kematian wanita akibat kanker serviks bisa mencapai 600 sampai 750 orang setiap bulannya. Angka yang cukup terbilang fantastis jika dibandingkan dengan jenis penyakit mematikan lainnya. Kanker leher rahim ini merupakan sejenis kanker yang 99,7% disebabkan oleh virus bernama Human Papilloma Virus (HPV). Virus ini menyerang leher rahim wanita dan menginfeksi tubuh melalui hubungan intim yang dilakukan secara vaginal, anal, ataupun oral. Minimnya pengetahuan wanita Indonesia tentang kanker serviks ini menyebabkan tingkat kematian juga semakin meningkat.

Sebelum terlambat, ada baiknya kaum wanita memahami betul apa penyebab timbulnya kanker serviks serta bagaimana pengobatan yang harus dilakukan apabila sudah terserang penyakit ini. Karena apabila sudah memasuki stadium lanjut yang disebabkan kompleksitas yang tinggi, pasien harus ditangani pengobatan jangka panjang dan padat teknologi. Sebelum terjadi hal yang demikian, masyarakat harus mulai menyadari pentingnya menjaga kesehatan terutama bagi kaum wanita. Selain tetap harus memperhatikan kebersihan tubuh, serta rutin memeriksakan kesehatan ke dokter, mengonsumsi makanan sehat yang dapat membunuh berkembangnya virus HPV sebaiknya mulai dibiasakan.

Apa saja makanan sehat yang dapat diambil manfaatnya bagi kesehatan tubuh ini? Yang pertama adalah sayuran. Untuk melawan infeksi yang dikarenakan HPV, sayuran seperti labu, selada air, tomat, dan ubi jalar yang kaya akan beta karotin dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Yang kedua adalah rempah-rempah berupa jahe dan kunyit. Selain itu beberapa jenis jamur seperti jamur shitake dapat membantu tubuh melawan efek buruk dari HPV. Minyak tea tree juga dapat membantu melawan HPV secara alami karena kandungannya yang bersifat anti mikroba dan anti viral. Jangan remehkan juga bawang putih yang mengandung senyawa alami yang disebut dengan allicin dimana kandungannya dapat melindungi tubuh dari patogen penyebab penyakit yang ditimbulkan oleh virus HPV yaitu kanker.

Related posts: