Mengenal Master Plan Rumah Sakit

studi kelayakan rumah sakit

studi kelayakan rumah sakitMaster Plan Rumah Sakit, sebelum kita membahas lebih dalam alangkah baiknya kita mengenal lebih dahulu apa itu Master Plan. Master Plan adalah salah satu tahapan atau bagian dari sebuah pekerjaan proyek yang dilaksanakan pada Tahap Permulaan, yang disusun dengan berdasar pada hasil Studi terhadap Kondisi serta Potensi, Kebijakan dan Batasan yang ada sehingga dapat menghasilkan suatu proses perencanaan Master Plan yang terintegrasi. Dalam hal ini berarti Master Plan merupakan sebuah gambaran dasar atau pedoman untuk menghasilkan suatu data yang terstruktur dan jelas agar kendala-kendala serta permasalahan di lapangan dapat di minimalisir. Di sisi lain dengan hubungannya dengan Rumah Sakit juga agar dalam menyusun sebuah proyek secara menyeluruh yang berkaitan satu sama lain dan terstruktur guna melakukan tugas seutuhnya sebagai Rumah Sakit yang terus berkembang. Begitu juga dalam proses pelayanannya nanti dapat memuaskan semua kalangan.

Tujuan Master Plan Rumah Sakit

Pada hal ini adapun tujuan dari adanya proses Master Plan Rumah Sakit itu sendiri adalah untuk menyusun peningkatan pelayanannya secara terinci dalam tahapan-tahapan persiapan sumber daya manusia, administrasi, ataupun fasilitas secara fisik bangunannya. Demi terciptanya kenyamanan yang nantinya akan diperoleh oleh masyarakat yang akan menikmati fasilitas itu sendiri, di samping itu juga terciptanya keselarasan antara satu kesatuan yang ada di Rumah Sakit itu sendiri. Ketika tidak di Master Plan maka kita akan kewalahan bagaimana nantinya rumah sakit itu akan berjalan serta batasan-batasan apa saja yang tidak boleh dilakukan, karena harus ada pedoman yang jelas ketika kita membuat atau melaksanakan kegiatan dan terstruktur dalam suatu badan usaha.

Maka dari itu disinilah pentingnya tujuan Master Plan Rumah Sakit yaitu sebagai pedoman yang kuat demi kemajuan dan perkembangan pelayanan kesehatan masyarakat yang dituntut untuk selalu siap siaga dalam menjalankan tugas nantinya karena berhubungan langsung serta pengabdian penuh kepada masyarakat.  Untuk itu pentingnya suatu penyusunan pedoman sebelum melakukan proses kegiatan atau pembangunan agar tetap pada sesuai jalur yang jelas dan matang dalam pengolahannya.

Related posts: