Menurunkan Panas pada Anak

tips kesehatan

tips kesehatanDemam biasanya merupakan gejala dari penyakit lain. Demam dapat terjadi apabila sistem kekebalan tubuh melakukan perlawanan terhadap infeksi. Seseorang dikatakan demam yaitu apabila mempunyai suhu tubuh di atas 37,5 derajat celsius. Anda dapat menggunakan termometer untuk hasil yang lebih akurat. Karena penggunaan internet merupakan termometer yang lebih akurat dari pada hanya menggunakan tangan. Demam pada anak dapat disebabkan oleh penyebab ringan maupun penyebab yang berbahaya. Demam dapat muncul karena terjadinya infeksi pada saluran bronkus yaitu saluran pernafasan, kemudian demam juga dapat muncul apabila anak terkena infeksi saluran telinga.

Cara Menurunkan Demam pada Anak

Penyebab demam pada anak dapat disebabkan oleh banyak faktor diantaranya adalah karena efek samping imunisasi, cacar air, malaria, pneumonia dan infeksi darah atau septikemia. Demam pada anak-anak merupakan sebuah reaksi yang normal dari terjadinya suatu penyakit. Pada dasarnya demam tidak berbahaya, tetapi bisa menjadi berbahaya apabila disertai dengan tubuh yang sangat lemas dan berkurangnya kesadaran, sakit kepala dan muntah serta terasa kaku pada leher, adanya rasa sakit pada bagian telinga, radang tenggorokan dan lain-lain. Jika anak yang demam berusia 0 sampai 6 bulan dan demam lebih dari 38 derajat celsius, maka sebaiknya segera dibawa ke dokter agar mendapat penanganan yang tepat. Begitupun dengan anak yang usianya di atas 6 bulan, setelah mengalami demam 24 jam lebih, segera bawa ke dokter.

Jika anak demam, sebaiknya Anda segera rutin melakukan pengecekan suhu menggunakan termometer, Anda dapat mengompres dengan air dingin biasa, buat ruang kamar anak mempunyai sirkulasi udara yang baik, anak memakai baju yang tipis agar suhu panasnya lebih mudah keluar. Kemudian ketika anak demam, sebaiknya berikan makanan yang mudah untuk dicerna, Anda dapat memberikan obat demam sesuai dengan dosisnya, namun tetap dalam pengawasan dokter dan dilarang menggabungkan obat lain di luar pengawasan dokter. Jika demam tinggi hindari pemakaian selimut dan Anda harus memastikan bahwa anak Anda tidak kedinginan. Sekian, terima kasih.

Related posts: