Norma Berdasarkan Tanggalan Jawa, Seperti Apa?

kalender jawa

kalender jawaSetiap masyarakat pasti memiliki norma tertentu. Nah apa sih norma itu? Norma merupakan sejenis aturan yang berlaku di masyarakat dimana manfaatnya adalah untuk mengikat masyarakat agar tercipta keteraturan sosial. Dan memang biasanya norma ini dibuat berdasarkan adat istiadat dari daerah tertentu. Termasuk salah satnya dibuat berdasarkan sebuah tanggalan yang disebut tanggalan Jawa. Tanggalan atau yang biasa kita sebut sebagai kalender ini merupakan sebuah penanggalan. Sedangkan Jawa ya berarti berasal dari orang Jawa atau adat istiadat orang Jawa. Jadi faktanya tanggalan atau kalender Jawa ini merupakan sebuah tanggalan atau kalender yang berdasarkan adat istiadat orang Jawa. Seperti apa norma yang tercipta berdasarkan penanggalan Jawa ini?

Norma Berdasarkan Tanggalan Jawa

Seperti yang telah dikatakan sebelumnya bahwa memang yang namanya norma itu didasarkan atas adat istiadat dari suatu daerah tertentu. Seperti halnya norma yang mungkin membelenggu kehidupan Anda sekarang. Jika memang Anda termasuk orang Jawa maka sudah tidak heran bukan mengenai norma atau aturan-aturan Jawa yang dimana norma atau aturan Jawa pastilah didasarkan atas tanggalan Jawa. Kuatnya pengaruh tanggalan atau kalender Jawa atas norma yang ada di masyarakat Jawa ini memang tidak terlepas dari para sesepuh Jawa yang memang sampai saat ini pun masih sangat percaya atas perhitungan hari versi Jawa.

Jika orang-orang modern ini sekarang menganggap semua hari itu baik berdasarkan kalender nasional. Ini akan jauh berbeda dengan analisa dari orang Jawa yang hari baik itu biasanya adalah hari yang apabila di hitung berdasarkan tanggalan atau kalender Jawa itu menemukan hasil yang cocok dan pas. Seperti halnya bulan Suro atau awal bulan di tanggalan atau kalender Jawa ini sangat tidak disarankan untuk melakukan suatu acara. Entah itu acara pernikahan ataupun khitanan. Selanjutnya bulan baik menurut tanggalan atau kalender Jawa yang sangat cocok untuk menyelenggarakan acara pernikahan atau khitanan adalah bulan Syawwal ataupun bulan Besar yang biasa disebut Dzulhijjah dalam kalender Islam. Itu merupakan sekelumit contoh dari berbagai norma yang berdasarkan tanggalan atau kalender Jawa. Nah bagi Anda yang termasuknya orang Jawa tidak ada salahnya smartphone Anda ada aplikasi tanggalan Jawa.

Related posts: