Peluang Usaha Menjadi Make-Up Artist

peluang usaha

peluang usahaSalah satu hobi yang dapat dijadikan pundi rupiah adalah merias. Bisnis yang satu ini memang lagi happening banget. Bisa dilihat dari banyaknya foto dengan caption “make-up by” atau tagging nama akun Instagram yang melakukan make-up tersebut. Jasa Make-up Artist atau disingkat menjadi MUA memang sangat dibutuhkan oleh wanita urban. Peluang usaha dan prospeknya sangat menjanjikan. Seperti photoshoot, acara reuni, wisuda, pernikahan, arisan, pengajian dan berbagai acara penting lainnya. Bedanya bisnis MUA yang didasari hobi dan otodidak tanpa sertifikat ini jauh lebih murah daripada jasa MUA profesional berpengalaman plus bersertifikat yang harganya mencapai jutaan bahkan puluhan juta. Tapi urusan kualitas jangan dianggap remeh asal benar memilih MUA agar tidak kecewa. Dengan dasar itulah profesi peluang bisnis jasa MUA ini sangat menjanjikan terutama di kota-kota besar.

Menjadi MUA Itu Murah dan Mudah!

Tak heran berdasarkan data dari Google, menyebutkan bahwa vlog kecantikan termasuk lima besar jenis video yang laris dilihat di Youtube. Ini dikarenakan kebanyakan MUA tidak bersertifikat belajar merias melalui Youtube atau media sosial seperti Instagram. Karena mudah diakses dan juga murah, tarif seorang MUA pemula bisanya mulai dari Rp 200 ribu. Namun apabila ingin meningkatkan ‘derajat’ Anda bisa mengikuti beberapa kursus atau seminar untuk mengasah kemampuan agar semakin lihai memainkan kuas dan warna. Meski tidak murah, karena dibutuhkan modal jutaan hingga puluhan untuk mengikuti acara-acara tersebut. Meski begitu tarif jasa seorang MUA juga akan naik.

Profesi MUA ini biasanya didasari karena hobi ataupun otodidak. Tarif seorang MUA tergantung pada orangnya dan brand apa yang digunakan. Apabila brand yang digunakan merupakan brand high end tingkat dunia, maka tarifnya bisa setinggi langit. Akan tetapi relasi semakin luas, banyak bertemu artis dan orang penting. Istilahnya banyak keuntungan yang didapat, Jadi tidak sia-sia mengikuti workshop, seminar atau pelatihan-pelatihan hingga merogoh puluhan juta rupiah demi mengasah kemampuan. Tapi sebelum itu sebaiknya asah dulu kemampuan, perbanyak pengalaman dan relasi sebagai modal untuk meniti karir sebagai MUA ke jenjang yang lebih serius.

Related posts: