Peralatan Arung Jeram Pangalengan

arung jeram bandung

arung jeram bandungBandung Selatan memang sudah alam terkenal karena memiliki berbagai macam wisata alam seperti situ patenggang, ranca upas, gunung puntang, situ cileunca, beberapa Curug tersembunyi dan masih banyak lagi. Salah satu wisata alam favorit yang banyak diketahui di Bandung Selatan adalah wisata arung jeram Pangalengan. Wisata arung jeram atau rafting merupakan salah satu olah raga air ekstrem yang cukup digemari saat ini. Disebut ekstrem karena olah raga air ini cukup berbahaya dan memacu adrenalin karena bermain langsung dengan alam. Olah raga arung jeram biasa dilakukan di lokasi sungai dengan arus yang cukup deras. Oleh sebab itu tindakan pencegahan akan bahaya harus selalu menjadi nomor satu, Beruntung, dilengkapi dengan peralatan pengamanan lengkap yang menjamin keselamatan peserta arung jeram dan tak lupa juga pemandu yang berpengalaman.

Mengenal Peralatan-Peralatan Yang Dibutuhkan Arung Jeram Pangalengan

Peralatan pertama yang dibutuhkan dalam bermain arung jeram Pangalengan tentu ialah pelampung (float), memiliki fungsi untuk membantu rafter (peserta arung jeram) yang jatuh agar terapung ke permukaan dan juga sebagai body protector dari benturan-benturan selama proses pendayungan. Selanjutnya helmet, berfungsi untuk melindungi kepala dari benturan-benturan benda keras terutama batu. Berikutnya dayung (paddle), ada beberapa jenis dayung yang digunakan seperti dayung dari kayu, fiber glass dan aluminium. Setelah itu adalah tali lempar (throw bag), berupa tali kernmantel yang dikaitkan dengan tas kecil yang berfungsi sebagai rescue. Berikutnya adalah pompa (pompa), pompa harus selalu dibawa apabila udara di dalam perahu kurang. Terakhir adalah tas kedap air (dry bag) biasanya tas ini dikaitkan dengan bantalan perahu dan digunakan untuk menyimpan barang-barang yang tidak boleh basah seperti P3K, repair kit, kamera, dompet, pompa dan peralatan pendukung lainnya.

Sungai Pangalengan merupakan sungai dengan sifat debit air yang stabil, sehingga aktivitas arung jeram Pangalengan dapat dilakukan di musim kemarau atau musim hujan. Jangan lupa untuk persiapkan kekuatan fisik dan mental karena Anda berhadapan langsung dengan kekuatan alam.

Related posts: