Perkiraan Harga Bibit Kentang

Jika Anda pernah bepergian ke sejumlah tempat yang ada di Indonesia khususnya tempat-tempat yang berada di dataran tinggi tentu Anda akan menemukan sejumlah tanaman yang tumbuh secara subur dan juga sehat. Seperti jika Anda mengunjungi ke dataran tinggi Dieng, kalian akan menemukan hamparan perkebunan yang asri dengan sejumlah tanaman umbi-umbian yang subur. Salah satunya adalah kentang. Lokasi yang tepat dalam masa pertumbuhan kentang yang baik yaitu berada dalam ketinggian 1.600 sampai dengan 3.000 meter di atas permukaan laut. Kentang yang baik juga akan tumbuh dengan kelembapan udara yang cukup tinggi yaitu sekitar 80-90%. Untuk suhu tanah yang baik juga berkisar antara 15 sampai dengan 20 derajat Celsius. Dengan suhu dan lingkungan yang baik, tentu kentang akan dapat tumbuh subur dan memiliki harga jual yang tinggi, selain harga jual kentang yang tinggi, harga bibit kentang yang dijual pun juga cukup tinggi untuk mendapatkan kualitas yang sesuai.

Memilih Bibit Kentang

Untuk mengetahui berapakah harga bibit kentang yang unggul, maka akan lebih baik jika Anda mengetahui terlebih dahulu bagaimanakah caranya untuk memilih bibit kentang yang unggul serta berkualitas terbaik:

  1. Pilihlah umbi yang sudah memiliki tunas, dengan adanya tunas tentu umbi akan cukup kuat. Usahakan juga untuk memilih umbi yang sudah melewati dalam tahap penyimpanan setelah kurang lebih 4 bulan.
  2. Setelah memilih umbi yang sudah memiliki tunas, usahakan untuk memilih yang sudah tumbuh tunas sepanjang kurang lebih 2 cm, untuk jumlah tunas yang baik mencapai 3 sampai dengan 5 tunas per umbinya.
  3. Usahakan selektif dalam memilih umbi yang mulus, tidak cacat dan kuat.

Harga-Harga Bibit Kentang

Untuk harga bibit kentang, tentunya sangat bervariasi sesuai dengan jenis-jenisnya. Untuk harga yang dijual di pasaran pada umumnya berkisar dengan harga Rp. 22.000 per kilonya, namun jika sudah termasuk ke dalam golongan bibit G-3 maupun G-4, tentu harganya akan jauh lebih mahal dan bisa mencapai harga Rp. 50.000,-.

Related posts: