Rahasia Dibalik Sukses Budidaya Ikan Lele

Budidaya Ikan Lele

Budidaya Ikan Lele

Gak cuma ikan laut saja lho yang jadi lauk kegemaran masyarakat Indonesia. Ternyata ikan air tawar juga gak kalah populer. Salah satu ikan air tawar yang  banyak dicari pemilik rumah makan yaitu ikan lele. Ikan berbentuk pipih, panjang, kulit licin, dan tentu saja berkumis ini memang diakui dengan kelezatan dan kelembutan dagingnya. Gak terhitung berapa petani yang  mulai menggiati ikan lele untuk dibudidaya. Jika Anda ingin memulai jejak seperti mereka, ini saatnya membaca tuntas budidaya ikan lele lengkap di bawah ini.

Budidaya Ikan Lele Lengkap Untuk Para Pemula

Ikan lele merupakan salah satu dari  beragam jenis ikan yang  mudah dipelihara. Kondisi air seperti apapun layak dijadikan media pembesaran untuk ikan lele. Tapi, ini bukan berarti bahwa Anda bisa mengabaikan kualitas airnya begitu saja. Untuk mendapatkan pertumbuhan ikan lele yang baik, maka kualitas air pun perlu diperhatikan antara lain suhu dan lokasi. Suhu yang tepat untuk ikan lele yaitu 26-30oC. Jika suhu terlalu rendah, proses pencernaan makanan pada ikan lele akan terganggu. Sementara jika suhu terlalu tinggi, proses pencernaan makanan pada ikan lele akan berlangsung terlalu cepat. Untuk lokasi sebenarnya gak ada ketentuan khusus sebab ikan lele bisa hidup di segala tempat, termasuk dalam ketinggian 100 mdpl. Satu hal yang harus Anda perhatikan adalah pH. Kondisi yang baik untuk ikan lele yaitu yang memiliki pH sekitar 7-8. Dalam budidaya ikan lele lengkap ini, Anda cukup menyiapkan kolam berukuran 5×2 meter untuk menampung setidaknya 1000 ekor benih ikan lele. Ada tiga jenis kolam yang umum digunakan untuk pembesaran ikan lele yaitu kolam semen, kolam tanah, dan kolam terpal. Tetapi, saat ini kolam terpallah yang  digandrungi para petani karena merupakan kolam yang paling terjangkau dan membuatnya pun tidak sulit.

Jika kolam sudah, selanjutnya adalah benih ikan lele. Benih ikan lele untuk pembesaran dan pembenihan berbeda. Pastikan Anda memilih benih ikan lele dengan ukuran 5-7 cm untuk pembesaran. Usahakan ukuran benih ikan lelenya pun seragam. Jadi itulah sekilas tentang budidaya ikan lele lengkap. Semoga bermanfaat.

Related posts: