Sejarah Dari LPPM

lppm

lppmBagi Anda para mahasiswa tentunya tidak asing dengan salah satu lembaga yang berperan aktif dalam bidang penelitian dan pengabdian masyarakat. Ya, LPPM merupakan lembaga yang biasanya terdapat di suatu universitas-universitas di Indonesia. Lembaga ini memang berfungsi dalam bidang penelitian serta pengabdian masyarakat yang biasanya dilakukan oleh para dosen, baik secara individu maupun kelompok. Dapat juga dilakukan oleh fakultas, jurusan dan unit yang terdapat pada kampus dengan melibatkan masyarakat. Kegiatan yang dilakukan adalah kegiatan yang mempunyai nilai positif. Penelitian dan pengabdian tersebut biasanya berupa pelayanan terhadap masyarakat dengan membina, mendorong dan membekali masyarakat dengan ketrampilan. Sehingga mereka mampu meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat khususnya masyarakat urban. Dan sangat diharapkan ketrampilan yang diberikan dapat diterapkan dalam kehidupan masyarakat untuk kedepannya.

Asal Mula Berdirinya LPPM

LPPM merupakan peleburan dari dua lembaga yaitu LPA (Lembaga Penelitian Atmajaya) dan LPM (Lembaga Pengabdian Masyarakat) yang berdiri sejak tahun 2007. Sedangkan LPA dan LPM berdiri pada tanggal 1 Februari 1997. Masing-masing lembaga tersebut mempunyai tugasnya masing-masing. Untuk LPA sendiri mengkoordinasikan empat pusat penelitian yang terdiri dari pusat kajian pembangunan masyarakat, pusat kajian bahasa Unika Atmajaya, pusat pengembangan etika, dan pusat penelitian kesehatan. Dan kemudian ditahun 2004 menambah satu yaitu pusat kajian Asia timur. Sedangkan untuk LPM sendiri mempunyai dua pusat yang terdiri dari pusat peningkatan usaha kecil terpadu dan pusat pengajaran bahasa. Di tahun 1998 memiliki satu pusat tambahan yaitu pusat pengembangan sumber daya manusia.

Setiap universitas memiliki lembaga tersebut sebagai wadah penyalur program yang dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat. STMIK AMIK Riau juga memiliki sebuah LPPM yang sudah sejak lama bergerak dalam bidangnya, serta hingga saat ini telah banyak melakukan berbagai kegiatan penelitian dan pengabdian masyarakat. Berbagai jenis kegiatan tersebut dapat Anda lihat di website resminya. Akan ada banyak info mengenai lembaga penelitian dan pengabdian yang sudah dilakukan oleh STMIK AMIK Riau. Lembaga ini memang sangat berperan penting untuk pihak kampus dengan masyarakat, agar dapat menciptakan hubungan yang saling menguntungkan. Adanya relevansi pada bidang pendidikan serta pengabdian terhadap masyarakat luas.

Related posts: