Sejarah Operasi Lasik Mata Di Indonesia

Lasik

LasikBagi sebagian besar orang tentunya akan sangat asing dengan istilah lasik, yang merupakan sebuah metode canggih dan terpopuler di dunia dalam memperbaiki kelainan mata seperti mata plus, minus (myopia), dan mata silinder (astigmatism). Kepanjangan dari nama Lasik itu sendiri yaitu Laser-Assisted in situ Keratomileusis. Prosedur operasi mata ini diperkenalkan pada tahun 1997 hingga tahun 2015 di Indonesia. Tindakan ini banyak dilakukan oleh mereka yang sudah tidak ingin lagi ketergantungan memakai kacamata ataupun lensa kontak. Jadi, sangat cocok untuk Anda yang ingin tampil dengan praktis dan terbebas dari masalah penglihatan. Cara kerjanya yaitu dengan mengurangi kecembungan pada kornea manusia, kemudian nantinya cahaya akan masuk pada kornea yang dapat menyebabkan mata kita kembali normal dalam melihat.

Tahapan Lasik Mata Dengan Baik

Bagi siapa saja yang mempunyai keluhan gangguan penglihatan tentunya akan mencari pengobatan yang ampuh untuk menyembuhkannya. Anda bisa melakukan operasi ini karena dijamin kesembuhannya. Operasi lasik ini tersedia di beberapa tempat seperti rumah sakit ataupun klinik seperti klinik mata nusantara, Anda bisa melihatnya pada website resminya. Operasi ini dilakukan dengan tahapan yang sesuai dengan prosedurnya, berikut ini tahapan dari operasi tersebut, yaitu:

  1. Tahapan pertama yaitu membuat lapisan pada kornea atau flap.
  2. Tahapan kedua yaitu melakukan penyinaran laser tepat pada bagian kornea, tujuannya untuk membentuk tulang kornea setelah flapnya terbuka.
  3. Tahapan terakhir yaitu setelah proses penyinaran selesai, kemudian flap dikembalikan pada posisi semula. Kemudian pada waktu kurang dari 3 menit flap tersebut akan melekat dengan sendirinya tanpa harus dijahit.

Operasi lasik ini yaitu dilaksanakan oleh para dokter ahli atau dokter spesialis yang berhubungan dengan mata karena prosesnya menggunakan laser atau microkeratome. Ketika Anda sudah melakukan operasi ini maka permukaan kornea mata yang mengalami gangguan akan kembali normal. Operasi ini membentuk cahaya untuk dapat masuk kembali pada kornea dengan sempurna, alhasil penglihatan mata pun menjadi baik. Biaya untuk melakukan operasi ini tidaklah murah, bahkan hingga puluhan juta rupiah untuk sepasang mata yang akan dioperasi nantinya.

Related posts: