Solusi Mengatasi Mata Lelah

tips kesehatan

tips kesehatanMata merupakan salah satu bagian tubuh paling penting. Penggunaan mata yang terlalu sering bisa membuat mata lelah dan menimbulkan rasa sakit atau bahkan pusing. Mata lelah juga bisa menyebabkan kelopak mata seseorang terasa berat. Penyebab mata merasa lelah biasanya karena terlalu sering berhadapan dengan layar komputer dan kurangnya istirahat. Membaca di tempat yang kurang mendapatkan cahaya juga bisa membuat mata cepat lelah. Meskipun mata lelah tidak terlalu fatal, namun tetap harus diobati agar tidak menjadi lebih buruk dan membuat penglihatan kabur. Berikut beberapa cara untuk mengatasi mata lelah.

  • Ketika berhadapan dengan layar komputer terlalu lama, khususnya pekerja kantoran, cobalah untuk luangkan sedikit waktu untuk berpaling dari layar dan putar mata kedua arah. Berkediplah lebih sering. Bisa juga dengan menutup mata selama beberapa menit. Kegiatan ini bisa membantu sedikit mata yang lelah dan mengurangi stress.
  • Secangkir teh panas bisa menjadi penenang bagi mata yang lelah. Kandungan kafein dalam teh panas dan uap dari teh panas tersebut bisa menenangkan mata. Usahakan uap tersebut mencapai mata.
  • Buat susu dingin dan masukkan kapas. Kemudian kapas tersebut digunakan sebagai kompres mata. Usahakan mata tetap terpejam.
  • Timun juga bisa digunakan sebagai kompres mata dan mengatasi mata bengkak karena mampu mengurangi besarnya pembuluh darah di sekitar mata. Gunakan timun segar untuk mengompres mata.
  • Jika mata terasa sangat lelah saat sedang bekerja. Pergilah ke kamar kecil dan basuh muka dengan air dingin. Air dingin bisa menyegarkan mata yang sedang lelah.
  • Air mawar yang memiliki manfaat untuk kulit juga berguna bagi mata. Masukkan kapas ke dalam larutan air mawar dan gunakan sebagai kompres mata untuk mengurangi mata yang terasa tegang.

Beberapa solusi diatas bisa dicoba untuk mengurangi mata yang lelah. Jangan lupa juga untuk mengurangi kebiasaan begadang karena bisa membuat mata lelah karena kurang tidur. Jika sudah begitu, mata akan cepat lelah, dan solusinya adalah mengatur jadwal tidur lebih baik lagi agar mata kembali normal. Demikian solusi mengatasi mata lelah, dan semoga bisa bermanfaat bagi Anda semua.

Related posts: