Struktur Pada Retina Mata

Retina adalah bagian mata yang berbentuk lapisan tipis yang terletak pada bagian belakang mata  yang berfungsi sebagai menangkap gambar visual melalui kornea dan mata, retina merupakan bagian yang paling sensitif terhadap cahaya. Retina memiliki struktur yang sangat berlapis. Bagian yang paling sensitif terhadap cahaya adalah sel fotoreseptor. Sel tersebut memiliki 2 jenis, yaitu berbentuk kerucut dan batang. Sinyal saraf yang berbentuk kerucut dan batang diolah oleh neuron lain. Dalam perkembangan dari embrio vertebrata, retina itu sendiri berasal dari pengembangan otak, begitu juga dengan saraf optik. Sehingga retina menjadi pusat bagian sistem saraf pusat atau lebih dikenalnya dengan sebutan SSP.

Anatomi Pada Retina

Retina memiliki struktur dan anatomi, retina itu sendiri memiliki 10 lapisan di dalamnya, yang pertama ada: Membran Pembatas Dalam adalah membran basal yang merupakan hasil uraian dari sel muller, Lapisan Serat Saraf merupakan akson dari sel ganglion, Lapisan Sel Ganglion adalah sel yang mengandung inti sel, akson yang dijadikan serabut saraf optik, Lapisan Flexiform Dalam merupakan sel yang berisi sinapsis antara akson sel bipolar dan dendrit, Lapisan Nukleus Dalam merupakan sel yang berisi inti dan sel tubuh dan sel bipolar, sel amakrin, dan sel horizontal, Lapisan Flexiform Luar adalah proyeksi kerucut dan batang yang masing-masing berakhir pada kerucut gangang bunga dan batang bulatan.

Retina juga dapat rusak, yaitu dengan retina lepas dari posisinya, kerusakan tersebut dinamakan Ablasio Retina. Kerusakan itu dapat menyebabkan luka pada mata sehingga membuat pandangan mata kabur dan menurunkan kualitas serta kuantitas penglihatan mata. Jika Anda ingin mengetahui tentang retina lebih lanjut, Anda bisa mengunjungi klinikmatanusantara.com/service/retina karena di situ Anda akan mendapatkan informasi lebih detail tentang seputar mata dan retina. Di situ juga menyediakan pelayanan kesehatan yang akan memberikan Anda solusi yang tepat dalam menyembuhkan dan mencegah kerusakan pada mata. Selain itu, situs tersebut merupakan tempat pengobatan terbaik dan terpercaya yang memiliki dokter spesialis dengan dibantu dengan alat diagnostik dan alat bedah yang sangat canggih.

Related posts: