Sunset, Petaka Bagi Mata Anda

Anda penikmat senja? Banyak orang menyukai saat-saat senja, yakni saat-saat sang surya akan balik ke paraduan. Cahayanya yang jingga begitu memesona sehingga sering kali Anda menunggu-nunggu saat-saat untuk menyaksikan matahari tenggelam. Akan tetapi, tahukah Anda, dibalik keindahannya, sinar jingga yang dipancarkan oleh matahari terbenam begitu berbahaya bagi kesehatan mata Anda. Mungkin Anda adalah orang yang sangat menghindari untuk berkeliaran dibawah terik matahari pada saat tengah hari. Anda khawatir akan kesehatan kulit Anda apabila Anda melakukan aktifitas diluar ruangan disiang hari. Lalu, Anda akan memilih untuk melakukan aktifitas disore hari, pada saat matahari terbenam. Mulai saat ini, Anda harus berhati-hati apabila melakukan aktifitas diluar ruangan pada sore hari, karena kesehatan mata Anda dapat terancam.

Kandungan Berbahaya Sinar Matahari

Seperti yang kita ketahui bersama, sinar matahari mengandung dua jenis sinar ultraviolet atau yang lebih kita kenal dengan sinar UV, yakni UVA dan UVB. Sinar UVA merupakan sinar yang memiliki gelombang yang panjang dan dapat menembus hingga kedalam kulit Anda. Sebaliknya, sinar UVB merupakan sinar dengan gelombang yang pendek dan tidak dapat menembus kedalam kulit Anda. Kedua sinar ini berbahaya terhadap kesehatan kulit dan mata Anda. Sinar UVA dan UVB dapat menyebabkan penuaan pada kulit Anda hingga menimbulkan kanker kulit bagi tubuh Anda. Selain itu, sinar UVA maupun UVB juga dapat masuk secara langsung kedalam kornea mata Anda dan merusak sel-sel didalamnya. Sel-sel yang rusak tersebut dapat menyebabkan berbagai macam penyakit mata, seperti katarak, hingga kebutaan. Hal ini diperparah apabila Anda menatap cahaya matahari yang terpancar lurus atau sejajar dengan Anda karena dapat menyebabkan kerusakan yang lebih parah. Oleh karena itulah, mengapa saat-saat matahari terbit dan terbenam merupakan saat-saat yang berbahaya bagi mata? Karena pada saat-saat tersebut matahari sejajar dengan Anda, dan sinarnya akan memancar lurus masuk kedalam mata Anda. Berbeda halnya ditengah hari, saat matahari berada diatas kepala Anda. Ketika matahari berada diatas, mata Anda dapat terlindungi oleh bulu mata, alis, maupun bagian mata yang lainnya. Selain itu, Anda juga dapat menghindarinya dengan menundukkan kepala Anda.

Ternyata, saat-saat romantis seperti pada saat matahari terbenam juga dapat merugikan tubuh Anda. Oleh karena itu, berhati-hatilah terhadap kesehatan Anda, karena kesehatan Anda juga merupakan amanah dari Tuhan yang harus Anda jaga dengan sebaik-baiknya.

Related posts: