Surat Untuk Melamar Lowongan Kerja Terbaru

Lowongan Kerja Terbaru

Lowongan Kerja TerbaruHal yang akan dilakukan ketika seseorang telah lulus dalam menempuh pendidikan adalah mencari lowongan pekerjaan. Kebanyakan orang yang baru lulus, memiliki obsesi yang tinggi pada sebuah pekerjaan yang mereka inginkan, namun tidak sedikit pula yang berprinsip yang penting memperoleh pekerjaan yang halal dan tentunya tidak merugikan dirinya ataupun orang lain. Tidak sedikit lulusan baru masih bingung tentang apa saja yang harus dipersiapkan ketika akan melamar lowongan kerja terbaru. Selain surat lamaran pekerjaan dan daftar riwayat hidup (CV), ada beberapa surat yang harus dilampirkan saat mendaftar pekerjaan.

Apa Saja Surat Yang Digunakan Untuk Melamar Lowongan Kerja Terbaru?

Salah satu surat penting yang harus Anda persiapkan dalam melamar pekerjaan adalah ijazah. Nilai tinggi yang Anda peroleh bisa menjadi nila tambah tersendiri untuk Anda, namun nyatanya nilai tinggi saja tidak cukup. Anda harus memiliki keahlian atau softskill lain terutama softskill dalam bidang yang Anda lamar. Ada beberapa perusahaan yang menjadikan ijazah Anda sebagai jaminan, artinya ijazah Anda akan ditinggal di perusahaan tersebut. Sebelum meninggalkannya pastikan ijazah Anda sudah dilaminating agar tidak terjadi kerusakan, Anda juga harus memiliki transkip ijazah yang dilegalisir. Surat lain yang harus Anda persiapkan saat melamar lowongan kerja terbaru adalah foto terbaru Anda, biasanya ukuran yang digunakan adalah ukuran 2×3, 3×4, serta 4×6.

Surat lain yang harus dipersiapkan adalah Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan fotokopinya. Satu hal yang harus diingat adalah, KTP yang digunakan adalah KTP yang masih berlaku. Tidak sedikit orang yang mendaftar pekerjaan dengan KTP yang sudah tidak berlaku. Surat lain yang harus dipersiapkan adalah sertifikat tentang prestasi, keahlian, dan organisasi yang Anda ikuti, baik dalam bidang akademik maupun non akademik. Sertifikat-sertifikat yang Anda sertakan pada saat melamar pekerjaan akan menjadi nilai tambah tersendiri. Ada beberapa perusahaan yang meminta untuk menyertakan SKCK (Surat Keterangan Catatan Kepolisian). Surat ini akan menjadi bukti bahwa si pelamar pekerjaan tidak pernah terlibat dalam kasus kejahatan. Anda dapat membuat surat ini di kantor kepolisian. Ada beberapa surat lain yang biasanya diperlukan saat mendaftar lowongan kerja terbaru adalah Kartu kuning,  surat keterangan sehat, dan surat pengalaman kerja Anda ditempat lain.

Related posts: