Syarat Beli Tanah Kavling Di Perumahan

prosedur membeli tanah

prosedur membeli tanahKetika Anda ingin membeli sesuatu, pastilah ada hal-hal yang harus Anda pertimbangkan sebelum membelinya, bukan? Ya, begitu pula ketika Anda ingin beli tanah kavling di perumahan, pastikan terlebih dahulu hal-hal yang berkaitan dengan jual beli tanah. Apakah memang tanah tersebut layak untuk dibeli atau tidak? Well, mungkin Anda berpikir bahwa dengan membeli tanah jenis kavling di perumahan itu hal yang sangat mudah karena tidak akan ada masalah apa pun yang berkaitan dengan tanah tersebut, Anda salah besar. Tak banyak tanah-tanah kavling yang berada di perumahan memiliki sengketa tanah yang berlarut-larut sehingga mereka menutupinya dengan harga yang lebih murah.

4 Syarat Beli Tanah Kavling Di Perumahan

Untuk menghindari hal-hal semacam itu, Anda harus tahu bahwa ada 4 syarat utama yang harus Anda pertimbangkan sebelum beli tanah kavling di perumahan. Pertama, Anda harus melihat kondisi tanah yang ingin Anda beli tersebut. Apakah tanah tersebut memiliki kondisi yang bagus atau tidak? Well, jika ingin membeli tanah, pastikan Anda membeli tanah yang posisi tanahnya lebih tinggi dari posisi jalan, untuk mencegah kebanjiran di waktu musim hujan. Kedua, Anda harus mengetahui dengan pasti berapa sih harga yang ditawarkan untuk tanah tersebut. Well, jika Anda sudah mendapatkan harga tepatnya, Anda bisa membandingkan harga tersebut dengan harga tanah lainnya, apakah memang harganya sama atau lebih murah. Jika memang lebih murah, Anda harus pastikan terlebih dahulu mengapa mereka patok dengan harga yang murah.

Ketiga, masih berkaitan dengan poin yang kedua, Anda harus meminta kelengkapan surat-surat tanah yang mereka berikan. Jika memang mereka tidak bisa memberikan semua surat-surat yang berkaitan dengan tanah tersebut, maka bisa dipastikan bahwa tanah itu bermasalah. Jika Anda ingin terlibat di dalamnya, lebih baik Anda mencari tanah lain yang memang kelengkapan surat-suratnya bisa dipastikan keabsahannya. Keempat, yaitu mengenai apakah tanah tersebut bisa diakses dengan menggunakan kendaraan atau tidak? Apakah Anda bisa mendapatkan sumber air dan listrik atau tidak? Itulah 4 Syarat yang harus Anda ketahui ketika Anda ingin beli tanah kavling di perumahan.

Related posts: