Tengok Bulan-Bulan Di Tanggalan Jawa

kalender jawa

kalender jawapengetahuan sangat luas, tidak hanya dari segi iptek tetapi juga dari segi tanggalan Jawa. Belajar mengenai kalender Jawa tidak kalah menarik untuk diulas. Dalam kalender Jawa terdapat 12 bulan sebagaimana bulan yang berapa di tahun hijriah dan bulan dalam Islam. Bulan dalam kalender Jawa diantaranya bulan suro, bulan safar, rabi’ul awal, rabi’ul akhir, Jumadil awal, Jumadil akhir, Rajab, ruwah, puasa, Syawal, selo, dan besar. Beberapa bulan tersebut merupakan bulan yang berada di kalender Jawa. Ada beberapa bulan yang diyakini memiliki mitos-mitos tersendiri yang mana hingga saat ini sampai masih diyakini oleh sebagian orang.

Mengenal Bulan-Bulan Di Tanggalan Jawa

Bulan-bulan yang ada di Jawa memiliki tanggal tersendiri yang mana berbeda-beda dengan bulan-bulan yang lain, ada yang 29 dan ada yang 30 hari. Berbeda dengan jumlah hari pada kalender hijriah yang berjumlah 29, 30 dan 31. Uniknya bulan-bulan yang ada di tanggalan Jawa memiliki arti yang berbeda-beda. Seperti suro yang artinya rijal, Sapar berarti Wiwit dan sebagainya. Keunikan itulah yang membuat Jawa memiliki adat dan kebudayaan yang kokoh dan tidak luntur oleh berkembangnya zaman. Bagi orang-orang sekarang yang tidak begitu paham mengenai penanggalan Jawa, tentunya tidak begitu paham dan hafal mengenai nama-nama bulan dan nama-nama pasaran yang sering digunakan untuk patokan hari dalam mengadakan suatu kegiatan. Selain pengajian ibu-ibu, arisan pun dapat menggunakan penanggalan tersebut.

Dikarenakan pasaran tersebut tidak begitu familiar karena sering menggunakan kalender hijriah, tentunya Anda memerlukan kalender yang memiliki tanggalan Jawa. Akan tetapi, keterbatasan kalender hijriah yang hanya ada di kalender yang ditempel di dinding menghambat Anda untuk mengetahui urutan tanggal serta pasaran. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena sekarang ini ada aplikasi kalender dengan mudah diunduh. Sehingga Anda dapat melihat kalender tersebut di smartphone Anda. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda dan selamat mencoba mengunduh aplikasi tersebut.

Related posts: