Tentang Aqiqah Dan Hukumnya

Bagi umat Islam, aqiqah tentunya merupakan suatu hal yang sudah sangat familiar di telinga. Kegiatan ini sendiri biasanya berupa penyembelihan hewan pada hari ketujuh setelah seorang bayi dilahirkan ke dunia. Hal ini dilakukan untuk menebus anak-anak tersebut agar terpelihara dari kemudaratan serta kemungkaran seperti yang diriwayatkan dalam hadis Ahmad dan Tirmidzi. Untuk mempelajari lebih lengkap mengenai salah satu ibadah yang satu ini, mari kita simak informasi berikut ini.

Mengenal Aqiqah Dan Hukumnya Bagi Umat Islam

Seperti yang disebutkan sebelumnya, kegiatan yang satu ini dilakukan dengan menyembelih hewan setelah tujuh hari seorang bayi lahir. Biasanya kegiatan ini dilakukan bersamaan dengan pencukuran atau pemotongan rambut bayi yang biasanya diikuti pemberian nama untuk bayi tersebut. Hal ini dilakukan untuk menjauhkan bayi tersebut dari golongan setan baik dalam urusan dunia maupun di akhirat. Lalu bagaimana dengan hukumnya?

Hukum aqiqah sendiri, seperti yang diriwatkan dalam hadis Tirmidzi adalah sebuah perintah Allah yang tidak perlu diragukan lagi. Dalam hal ini, kegiatan ini bisa dilakukan dengan penyembelihan seekor kambing, domba, kibas, lembu, kerbau atau unta. Intinya, syarat hewan yang digunakan tersebut kurang lebih sama dengan syarat untuk hewan kurban. Sedangkan untuk jumlahnya, untuk anak lak-laki, hewan yang disembelih utamanya adalah dua ekor. Sedangkan untuk perempuan, satu ekor saja.

Tips Memilih Hewan Untuk Aqiqah

Lalu, bagaimana cara untuk memilih hewan yang baik untuk ibadah yang satu ini? Yang paling utama dalam hal memilih hewan untuk kurban seperti ini adalah bahwa hewan tersebut tidak dalam keadaan cacat, buta, terlalu kurus atau sedang bunting. Biasanya lebih dianjurkan untuk menggunakan kambing jantan. Tetapi, ada juga ulama yang memperbolehkan jenis apa saja karena tidak adanya dalil khusus mengenai hal tersebut. Agar Anda mendapatkan hewan yang baik, sangat penting untuk memilih supplier yang baik untuk hewan kurban Anda tersebut. Jika Anda masih belum tahu harus kemana, kunjungi Dapuraqiqah.net untuk solusi kegiatan akikah Anda.

Related posts: