Tes Psikologi Kepribadian Online EPPS

Contoh Soal Psikotes Kerja

Contoh Soal Psikotes KerjaApakah Anda sudah pernah berjumpa dengan tes psikologi kepribadian? Jika Anda adalah salah satu orang yang bekerja sebagai PNS, BUMN, bekerja di perkantoran, perusahaan, atau beberapa lembaga lainnya baik pemerintah maupun swasta tentulah sudah pernah mengalami tes yang satu ini. Tes psikologi kepribadian online adalah sebuah tahapan tes yang diberikan oleh pihak perusahaan (lembaga lainnya) yang diwakili oleh para psikolog. Tujuan utama dari tes yang satu ini adalah untuk mengetahui kepribadian atau karakter yang melekat pada diri seseorang. Selain itu, tes psikolog juga digunakan untuk mengetahui kondisi kejiwaan seseorang. Kondisi kejiwaan seseorang tidak dapat diketahui dengan hanya melihatnya dari penampilan, sikap, serta tes wawancara saja, akan tetapi dapat diketahui dengan jelas melalui tes yang satu ini. Ada berbagai macam bentuk tes psikolog yang dapat Anda temui baik di tes psikolog online maupun tes psikolog secara langsung.

Cara Menyelesaikan Tes Psikologi Kepribadian Online EPPS

Dari begitu banyaknya bentuk soal yang dapat Anda temui di tes psikologi kepribadian online atau pun langsung, salah satu bentuk tes yang kerap dikeluarkan adalah tes EPPS. Tes Edwards Personal Preference Schedule atau yang biasa disebut dengan tes EPPS adalah salah satu bentuk soal yang akan Anda temui ketika Anda mengerjakan soal tes psikologi kepribadian. Tes yang satu ini mengharuskan Anda untuk memilih salah satu dari 2 buah kalimat yang telah disediakan oleh pihak psikolog. Kedua kalimat tersebut dapat Anda pilih salah satunya berdasarkan kecenderungan mana yang Anda sukai atau dengan berdasarkan sifat apa yang melekat pada diri Anda. Meskipun dari kedua kalimat tersebut keduanya mencirikan sifat Anda, Anda tetapi harus memilih salah satu dari keduanya berdasarkan sifat mana yang paling mendekati diri Anda.

Tujuan utama dari tes EPPS adalah untuk mengetahui, mengukur, serta meninjau kepribadian dari seseorang dengan cara melihat kebutuhan yang mendorong orang tersebut dalam suatu pekerjaan. Selain itu, tes yang satu ini juga dapat digunakan untuk mengukur kecocokan diri Anda dengan posisi kerja yang Anda lamar. Anda biasanya akan disajikan dengan 2 kalimat (biasanya ada opsi A dan B). Jika Anda memilih A, maka Anda dapat melingkari huruf A dan begitu juga sebaliknya. Ketika Anda mengerjakan soal yang satu ini, sebaiknya Anda mengerjakannya berdasarkan posisi mana yang sedang dicari. Yang dinilai dari tes tersebut adalah profesionalitas Anda terhadap perusahaan. Demikian sekilas mengenai tes EPPS, Anda dapat menemukan bentuk soal lain dengan mengerjakan tes psikologi kepribadian online.

Related posts: