Tips Mengompres Yang Tepat Saat Demam

tips kesehatan

tips kesehatanHampir setiap orang pernah mengalami demam. Keadaan tubuh demam sendiri bukanlah suatu penyakit namun merupakan sinyal bahwa tubuh Anda sedang dalam kondisi yang tidak baik karena berbagai penyebab. Meskipun mengalami demam sudah menjadi hal biasa, masih banyak orang yang melakukan kesalahan pada saat mengompres untuk menurunkan demam. Untuk itu mari simak ulasan mengenai tips mengompres yang tepat saat demam berikut ini.

Tips Mengompres Yang Tepat Saat Demam

Melakukan pengompresan pada saat kondisi demam telah teruji dapat meringankan gejala demam. Nah, tips mengompres yang tepat saat demam adalah sebagai berikut. Tips pertama gunakan air hangat, hal ini dianjurkan karena mengompres dengan air hangat dapat mengoptimalkan kinerja hipotalamus dengan pembuluh darah dalam menurunkan suhu tubuh serta demam dan menggigil. Jadi bagi Anda yang biasanya menggunakan air dingin untuk mengompres sebaiknya tidak mengulanginya kembali. Tips kedua posisi mengompres yang tepat adalah pada bagian dibawah ketiak atau lipatan paha. Perlu Anda ketahui bahwa meletakkan kompres pada dahi saat deman merupakan hal yang salah karena hal ini tidak dapat mengoptimalkan proses penurunan suhu badan. Hal ini terjadi dikarenakan kompres terhalang oleh tulang tengkorak oleh karena itu sebaiknya letakkan kompres pada bagian tubuh yang memiliki ukuran pembuluh darah yang lebih besar. Tips ketiga ganti kompres jika suhu hangat dirasa sudah mulai berkurang agar proses penurunan suhu tubuh Anda optimal. Tips keempat jika Anda menggunakan kompres instan maka usahakan meletakkan pengompresan pada daerah yang benar yaitu bukan di dahi tetapi ketiak ataupun pangkal paha jadi silahkan Anda sesuaikan ukuran dengan daerah kompresan sehingga membuat nyaman. Jika terdapat sisa dapat Anda simpan sisa potongan kompres instan tersebut didalam cooler kulkas.

Demikian ulasan singkat mengenai tips mengompres yang tepat saat demam. Anda dapat menurunkan suhu tubuh tanpa perlu ke dokter namun jika suhu badan Anda melebihi 39 derajat Celsius maka membutuhkan pertolongan dari dokter. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi Anda.

Related posts: