Tips Mengurangi Resiko Diare

tips kesehatan

tips kesehatanPerut merupakan salah satu organ pencernaan yang bila mengalami masalah sekecil apapun akan memberikan rasa kurang nyaman yang luar biasa bahkan sampai mengganggu aktivitas kita seharian. Untuk itu, menjaga kesehatan perut untuk bisa terhindar dari sakit maag atau diare merupakan salah satu kebutuhan mutlak yang harus dilakukan. Setiap hari, kita harus makan dengan benar dan rajin berolahraga untuk memastikan kondisi kita memiliki daya tahan tubuh yang baik. Beragam masalah pencernaan memang sebagian besar faktornya hadir karena kurang memperhatikan asupan yang diambil setiap hari. Bijak menangani masalah ini merupakan salah satu hal yang penting untuk diperhatikan oleh siapa saja jika ingin memiliki perut yang sehat.

Tips Mudah Mengurangi Resiko Diare

Diare, salah satu sakit yang sebetulnya sangat rentan dengan resiko kebersihan makanan. Banyak bakteri yang ada pada makanan sangat berpotensi meracuni kita. Misalnya ketika harus makan di tempat yang higienitasnya kurang, atau kurang maksimalnya kita pada saat membersihkan bahan makanan memang dapat membuat sakit ini datang dengan mudah. Untuk itu, memperhatikan kesehatan ini sangat penting. Apalagi ketika bahan yang kita konsumsi mengandung protein tinggi. Protein adalah nutrisi yang juga sangat dibutuhkan bakteri untuk hidup sehingga sangat mudah terinfeksi dan terkontaminasi. Makanan tinggi protein rentan terhadap cemaran misalnya saja susu atau sea food yang lebih cepat bau daripada jenis makanan lain yang berprotein sedang seperti sayur bayam.

Selain itu, untuk mengurangi sakit perut, banyak para ahli juga menganjurkan kita untuk tidak makan makanan yang terlalu peda. Pedasnya cabe dan merica akan mampu mengiritasi lambung sehingga menyebabkan gangguan. Demikian juga bagi mereka yang memiliki pencernaan yang sensitif, sebaiknya mereka tidak mengkonsumsi kopi atau teh di pagi hari pada saat pencernaan telah dikosongkan akibat tidur malam. Hal ini cukup membantu mengurangi resiko diare yang umum dijumpai di tengah masyarakat. Menyadari pentingnya menjaga tubuh agar tetap sehat merupakan tanggung jawab setiap orang yang ingin aktivitasnya tidak terganggu.

Related posts: