Tips Sehat Saat Menstruasi

tips kesehatan

tips kesehatanKetika menstruasi atau haid tubuh menjadi kurang fit, perut sakit, pegal dan lemas sering Anda hadapi. Belum lagi saat menjelang haid perut terasa nyeri membuat Anda tidak bergairah untuk melakukan berbagai macam aktivitas. Oleh karena itu menjaga agar stamina tubuh tetap sehat adalah hal yang penting yang harus Anda perhatikan. Jangan sampai kondisi seperti ini menjadi menghambat Anda dalam menjalankan kegiatan Anda. Kabar baik untuk  para perempuan, Anda dapat membuat  masa haid tidak alasan lagi untuk menghambat kegiatan Anda. bagaimana tips sehat saat masa menstruasi?

Pola Hidup Sehat Pada Masa Menstruasi

Dengan melakukan tips-tips saat menstruasi ini dapat menghindarkan Anda dari gangguan-gangguan yang terjadi saat menstruasi. Berikut ini tips sehatnya:

  • Perbanyak memakan sayuran hijau dan buah-buahan,  sayuran yang kaya serat dan zat besi seperti bayam diperlukan tubuh pada waktu haid.
  • Perbanyak konsumsi air putih,  selama menstruasi ini wanita dimana wanita sering kehilangan banyak cairan. Dengan meminum banyak air putih maka akan terhindar dari dehidrasi.
  • Minum air kunyit, atau biasa yang disebut sebagai jamu kunyit asam, ketika jelang haid biasanya perut dan pinggang akan sangat sakit dan nyeri, kunyit dapat membantu mengurangi rasa sakit dan mual.
  • Olahraga, olahraga yang teratur dapat membantu menjaga siklus menstruasi tetap stabil sesuai periodenya. Dengan olahraga badan menjadi terbentuk dan tubuh menjadi ideal
  • Hindari makanan olahan dan fast food.  Makanan ini dapat mengakibatkan terganggunya periode menstruasi Anda. menghindari gula dan karbohidrat dapat memperpendek masa menstruasi seseorang dan akan menghindari rasa keram dan nyeri pada perut.
  • Hindari kafein dan alkohol.  Kafein bisa memperburuk mood seseorang saat haid dan mengganggu tidur. Beberapa minuman yang berkafein antara lain, teh, kopi, dan cokelat. Sementara alkohol dapat memperburuk nyeri dan kram. Selain itu mengonsumsi alkohol dapat mengakibatkan darah yang keluar saat haid lebih sedikit.

Dengan menjaga pola hidup yang sehat saat haid maka membuat badan Anda lebih fit dan tidak lagi jadikan alasan menstruasi untuk Anda beraktivitas. Demikianlah ulasan mengenai tips sehat saat menstruasi kali ini. Semoga bermanfaat.

Related posts: